Sabtu, 13 Februari 2016

Perjalanan CMLP II di Semester III

Perjalanan CMLP II di Semester III, gambarmonevcarina 44-60-84-3
Tanpa terasa, program community managed livelihood promotion atau program promosi matapencaharian yang dikelola oleh masyarakat, bersama Caritas Keuskupan Ketapang sudah memasuki semester 3 di tahun kedua (26 Jan, 2016). Sejumlah cara dan strategy sudah dilakukan oleh tim implementor program untuk menjawab segala tantangan dan rekomendasi untuk memastikan agar dampak dirasakan oleh masyarakat. Program ini adalah sebuah proses pembelajaran bagi lembaga pendamping dan masyarakat dampingan agar resilien terhadap kebencanaan.

Untuk mengurangi tingkat kerusakan  sumber daya hutan, dan meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat, Caritas mengajak masyarakat melakukan 4 model pendekatan, dalam rangka usaha  mitigasi kebencanaan terhadap kemiskinan dan dampak buruk perubahan iklim. Melalui praktek perencanaan keuangan rumah tangga, masyarakat diajak pandai dan cermat mendayagunakan semua aset keluarga agar produktif dengan  mengelola pemasukan pengeluaran keluarga dengan baik dan terarah. 
  
Pendekatan kedua adalah memanfaatkan tanah pekarangan dengan berkebun tanaman muda. Kebiasaan menanam sambilan sewaktu menugal dipindahkan ke pekarangan dengan cara penanganan yang baik dan teratur dapat mendatangkan hasil tambahan. Pendekatan ketiga adalah belajar menghasilkan karet unggul dengan okulasi sendiri. Sumber mata entres tersedia, batang bawah karet juga ada,praktek pembibitan unggul juga sudah diajarkan dan dipraktekkan. Jadi tidak ada alasan untuk tidak berkemampuan memiliki tanaman karet unggul. Dasar-dasar berorganisasi dalam KSM juga sudah dilalui bersama dalam kelompok. Cara menyusun proposal yang baik dengan analisa yang cermat baik, tidak asal susun, juga sudah dilalui dengan baik. Nah pendekatan-pendekatan seperti itu akan sangat membantu komunitas belajar mandiri  dan mampu mengakses dukungan dari pihak luar guna mendukung pengembangan kelompok.


Lima bulan lagi pendampingan program CMLP II Caritas kepada 4 KSM akan berakhir tepatnya pada bulan Juni 2016. Semoga apa yang telah dipelajari dalam aksi bersama, entah dalam rencana kerja kelompok, entah praktek lapangan dalam meningkatkan ketrampilan catat mencatat keluar masuk uang untuk keluarga, maupun okulasi karet, membuka mata bapa ibu bahwa bukan caritas, bukan pendamping yang akan bisa membuat kalian hebat, melainkan bapak ibu sendirilah yang mampu mengubah dan membawa perubahan.  (Papin).
www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com