Sabtu, 13 Februari 2016

Cara Lestari Menangkap Ikan Sungai.

Cara Lestari Menangkap Ikan Sungai. gbrmonevcarina 50:51;52;53
Ujo sejenis penangkap ikan



Sungai Kontok adalah salah satu anak sungai Kualan di Kecamatan Simpang Hulu, letaknya di kampung Kontok  di Desa Kualan Hulu. Ketika tim monitoring caritas bersama karina berkunjung ke pekarangan tanaman muda Pak  Mungkin (25/01/2016), saya menemukan praktek baik menangkap ikan dengan cara lestari.  Adanya  sumber daya hutan seperti pepohonan dan sumber air di Kontok mampu memberi manfaat ekonomi bagi masyarakat umumnya dan bagi Pak Mungkin khususnya. Bahan baku seperti bambu, tanaman akar resam, rotan  untuk membuat ‘Ujo’ sejenis alat penangkap ikan, sangat mudah didapat. 
Seandainya saja Pak Mungkin terbiasa mencatat hasil menangkap ikan setiap harinya, atau mencatat apa saja yang telah dibelinya, entah dipapan dapurnya, sukur-sukur dalam buku keluar masuk, pasti dia akan terkejut betapa penghasilan tambahan yang diperolehnya lumayan besar. Ia hanya tahu satu hal mendapatkan ikan sungai bisa mengurangi pengeluaran keluarganya. Tidak mudah mengubah cara pikir teratur.
Sungai Kontok bersih karena secara adat, masyarakat sepakat tidak mau merusak ekosistem sungai dengan aktifitas penambangan liar maupun aktifitas sejenisnya yang merusak wilayah aliran sungai. Dengan demikian, masyarakat mudah mencari ikan dengan cara menggunakan alat-alat penangkap ikan buatan mereka sendiri. Alat ‘Ujo’ adalah salah satu alat penangkap ikan yang dipasang di posisi strategis dimana ikan akan berkumpul pada saat musim hujan mau pun kemarau. Pak Mungkin menjelaskan; “Istilah lokalnya bila ‘Ujo’ dapat ikan banyak dimusim kemarau disebut ‘nyao ikan’ sebaliknya bila musim hujan disebut ‘rinsam ikan’.”

Selain keberadaan sumber daya hutan Kontok masih lestari mampu memberi manfaat hutan sebagai penyedia kebutuhan dasar  hidup masyarakat (papan, sandang, dan pangan) sekaligus sebagai pendukung kesejahteraan hidup, secara sosial dan budaya ketersediaan bahan baku membuat alat penangkap ikan Ujo adalah  sarana untuk berbagi pengetahuan kepada generasi berikutnya. (Papin)
www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com