Sabtu, 12 Desember 2020

Sabtu.12.12.20 Inspirasi pagi "hadiah Tuhan tidak selalu mudah dikenali"

Sabtu.12.12.20 Inspirasi pagi

Matius 17: 10-13 “Hadiah Tuhan tidak selalu mudah dikenali”

Bacaan pagi ini harus dibaca dalam suasana murid murid Yesus baru saja mengalami bagaimana wajah Yesus berubah ketika berada di puncak Gunung Horeb. Ada Musa dan Elia yang berbicara dengan Yesus. Begitu mereka turun dari gunung, para murid langsung bertanya soal kisah Elia yang menurut ceritra yang hidup dikalangan orang Yahudi, bahwa Elia akan kembali untuk mempersiapkan jalan bagi  Mesias. 

Mengapa Elia yang harus diutamakan, kan kami sendiri sudah melihat kemuliaanMu tadi di gunung bersama Elia yang berabad abad dahulu naik ke surga di gunung ini dan sekarang ada bersamamu. Para murid sungguh binggung dengan para ahli kitab yang selalu menolak Yesus. Padahal sudah sangat jelas di hadapan mereka siapa seusungguhnya Yesus bila dibandingkan dengan Elia.

Di tempat lain ada Yohanes Pembaptis yang viral dengan penampilannya yang luar biasa persis kisah Elia ketika akan datang lagi untuk menyiapkan jalan Mesias. Apakah Yohanes itu menggantikan posisi Elia?

Atas pertanyaan itu Yesus menjawab. Benar Elia sudah datang untuk memulihkan segala sesuatu, tetapi orang Yahudi tidak mengenalnya, bahkan mereka memperlakukan orang orang hebat seperti Yohanes Pembaptis sesuka hati mereka. Mereka memenjarakan dan membunuhnya. Dan saat Yesus memulai kesaksian hidupnya, Yohanes Pembaptis sedang dalam penjara dan beritanya akan dibunuh oleh Herodes Antipas.

Dan sekarang Yesus mengumumkan bahwa Ia akan mengalami nasib yang sama seperti Yohanes Pembaptis. Tentu saja para murid sulit menerima penjelasa dan analisa seperti itu, karena baru saja mereka merasa dan melihat sendiri kehebatan Yesus. Ah pasti tidak mungkin, pasti Yesus sedang tidak bicara menngenai dirinya, pasti Yesus sedang bicara tentang Yohanes pembaptis sepupunya. Gambaran saya seperti itu bacaan pagi ini.

Lalu apa hubungannya dengan persiapan Natal ini? Gloria in exelcis Deo. Kemuliaan Bagi Allah di tempat yang maha tinggi. Allah yang lahir dalam kotak kayu palungan adalah awal cinta Tuhan yang tidak selalu megah dan mulia. Anak manusia yang adalah pemberian kasih Tuhan tidak selamanya mudah dikenali. Perlu proses penantian yang panjang. Perlu waktu untuk mengertinya dengan baik.

Adven, Natal, Paskah, adalah saat saling berbagi cinta yang telah kita terima dengan berlimpah dari Tuhan melalui Putranya.


Selamat pagi sahabat. Perlu proses untuk lebih mengenal cinta Tuhan yang sedemikian Agung. Adven adalah masa penantian datangnya Tuhan; Natal saat saat indah yang akan selalu datang setiap tahun. Kita semua diberi kesempatan yang sama untuk merayakan. Namun kwalitaas kita sangat ditentukan oleh kesiapan kita. Mari manfaatkan  waktu menanti dengan sebaik baiknya. Jangan buang-buang waktu dengan hal hal yang tidak memberi nilai tambah. Tuhan memberkati.


Sharing Sr. Anthonella Osf


Selamat pagi Romo, selamat berakhir pekan. Terima kasih untuk kiriman inspirasi pagi yang bagus. Nasib pewarta kerahiman Ilahi : Elia, Yohanes Pembaptis dan Yesus hampir sama. Mereka mewartakan kebenaran dan kerahiman Allah namun ditolak. Bahkan Yohanes Pembaptis dan Yesus akhirnya sampai dibunuh. Marilah kita mohon rahmat agar saat kemungkinan pelayanan kita kurang diterima atau bahkan ditolak, kita tetap mampu bertahan mengingat Tuhan yang kita ikuti sudah lebih dahulu mengalaminya. Tuhan memberkati..

www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com