Jumat, 19 Februari 2016

Anak kampung yang pingin jadi pentani kampung


Caritas Ketapang, Salah satu Fasilitator  yang saat ini aktip sebagai penggerak kebun tanaman muda, yang sejak tahun lalu bergabung dengan Caritas Ketapang  adalah Yohanes Budin.

Budin paling tengah bersama klpk binaan
Kalau melihat tanmpangnya yang kurus, gaya kampungan, ternyata figur ini sangat berkomitmen untuk bekerja sebagai penggerak komunitas-komunitas di pedalaman. Ia bertekat untuk membantu Komunitas Giet dan Sie Bansi bangkit kembali berbenah dan berproses mengejar ketertinggalan dalam hal karet unggul dan kebun tanaman muda.


Budin, begitu ia disapa oleh komunitas-komunitas dampingan Caritas, sangat gaul dan tahu cara “nyemplung” di tengah-tengah masyarakat, meski sepak terjangnya dalam dunia pemberdayaan masyarakat tergolong sangat muda. Ia kelahiran Kampung Pulai Laman Manismata.

Yohanes Budin  lahir dari daerah pedalaman bagian selatan Ketapang yang sudah tidak menyisakan hutan sedikitpun karena telah dipenuhi kebun sawit, sangat berbakat dalam urusan tanam-menanam tanaman muda, dan juga tidak pernah malu berjualan dari satu warung ke warung menawarkan hasil kebunnya seperti kangkung, cabe, mentimun.

Budin yang lulusan S1 Ilmu pertanian Stiper Yogyakarta, pernah mendirikan  pondok di lahan kosong di belakang universitasnya untuk tempat kostnya sekalian memanfaatkan tanah tersisia untuk ditanami sayur-sayuran agar dapat bertahan hidup dan terus menyelesaikan kuliahnya. Melihat tekat mahasiswa ini, seorang dosen akhirnya memutuskan untuk memberi pinjaman lunak untuk modal usaha dan sisanya untuk kredit kendaraan motor, sehingga bisa menjual hasil kebunnya ke luar kampus. Hingga kini revo yang dipakai untuk ke pedalaman menemani bapak-ibu menjadi saksi. Betapa sesungguhnya tekat kuat anak kampung yang tidak tahu malu ini tetap bersemangat  menggapai cita-cita menjadi petani kampung yang handal. Banyak tawaran datang dari perusahan perkebunan sawit, namun ia lebih tertarik berbagi ilmu dan ketrampilan dengan orang kampung.

Demi cita-cita saya membangun kampung, pilihan teman hidup saya pun  kelak harus orang kampung, kisahnya suatu hari tentang panggilan hidup.Mrsel

www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com