Jumat, 04 Maret 2016

Kebun Karet Unggul Menambah Daftar Aset

Kontok, Media Caritas Keuskupan Ketapang, Petrus Husen namanya, ayah Agustina Shella Marisca (5th) dan istrinya Selestina Pribuwati Trida Kuse adalah salah satu penggiat Kelompok Swadaya Masyarakat Uncak Kontok. Sejak bergabung KSM mengikuti pendampingan dari Caritas, beberapa pelatihan yang diikuti antara lain budidaya karet unggul, budidaya tanaman muda dan pengelolaan ekonomi rumah tangga. Husen yang sekarang menjabat kepala dusun Botong Kiri ini sangat senang karet unggul dan tanaman pekarangan  yang ditanam menambah daftar aset dan kekayaan keluarga (sumber: Buku Keuangan Keluarga Husen). 

Ketika ditanya soal cita-cita & target menanam karet saat field visit monitoring program CMLP II oleh koordinator lapangan CKK (29/2); dia mengatakan "Juni nanti, saya akan mentargetkan sudah punya 200 pohon karet unggul hasil okulasi sendiri sebagai warisan untuk anak, Febuari ini sudah tertanam 169 pohon dan tinggal kekurangan 39 pohon agar mencapai target 200 pohon, (sumber: data tabulasi ksm uk).
Husen yang pernah menjabat sekretaris KSM UK ini menambahkan "rencananya di antara dan batas terluar perkebunan tanaman karet unggul akan saya tanami juga beberapa pohon buah seperti petai, rambutan, jambol, dan kakao ditanam mengelilingi batas lahan."Diharapkan dengan pola tanam sisip (inter-cropping) tanaman karet dengan tanaman buah-buahan ini dapat menjadi alternatif nilai tambah ekonomi  jika terjadi fluktuasi penurunan harga karet atau sebaliknya. Husen sangat meyakini bahwa pola tanam sisip dengan beraneka tanaman (multi-cropping) yang bernilai ekonomi dalam kawasan perkebunan yang merupakan replikasi sistem tembawang buah-buahan ini, disamping sebagai alternatif adaptasi sistem pertanian terhadap perubahan iklim  dan fluktuasi ekonomi global, juga sebagai upaya resiliensi sosial ekonomi keluarga di masa yang akan datang.

"Sebagai Kepala Dusun dan pelayan masyarakat , Husen juga berperan membantu mempelopori pengembangan KSM UK mau pun KJK. Pada 2016 beliau mendorong partisipasi masyarakat dan menginisiasi proses penyusunan rencana pembangunan jangka menengah Desa (RPJMD), Musrenbangdes, dan  lokakarya perbaikan mutu karet berkerjasama dengan pemerintahan desa Kualan Hulu dan PT.Kirana Prima,dan selalu mengingatkan Sekdes untuk mengundang KSM, "kata Stepanus Adiyanto menambahkan.

"Untuk menjamin proses pertumbuhan dan perkembangan tanaman karet dan tanaman buah-buahan yang telah dibudidayakan, semestinya harus rutin dilakukan pemeliharaan dan diberikan pupuk sesuai panduan pada modul ", demikian anjuran koordinator CMLP, Aloysius R.(ADI)





www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com