Caritas Ketapang

Website Resmi Caritas Keuskupan Ketapang

CMLP

BELA RASA

Kamis.17.12.20 Inspsirasi pagi

Matius 1: 1-17 hari ke 8 menuju Natal

Waduh hari ini disuguhi sisilah leluhur Yesus dengan nama yang aneh aneh, kecuali beberapa nama yang sudah akrab di telinga kita. Yesus Putra Daud, putra Abraham, putra Yosef suami dari Maria. 

Ada  empat belas generasi dari Abraham sampai Daud; empat belas dari Daud ke pembuangan Babilonia; dan empat belas dari pembuangan Babilonia kepada Yesus. Dari setiap generasi selalu ada tokoh yang memiliki keagungan, keutamaan, kebaikan, namun ada juga yang memiliki karekter yang  gelap dalam kehidupannya.


Saya mencoba merenungkan dan membayangkan apa maksudnya ya? Mengapa harus repot repot dengan daftar nama yang panjang ya? Ketika saya sendiri membayangkan sisilah keluarga saya sendiri, mau tidak mau ingat leleluhur paling tidak kakek nenek, atau sekurang kurangnya saya diingatkan, saya ini keturunan generasi ke berapa. Atau siapa siapa saja yang membentuk saya seperti sekarang ini.


Nah bayangkan sisilah  Yesus dengan daftar nama-nama anehnya, sampai 3 x generasi. Sungguh luar biasa, kok bisa ya ada yang mendokumentasikan sedemikian detail dan historic. Lalu saya teringat ketika belajar sejarah tokoh tokoh dunia. 


Membaca sisilah Yesus kita diajak untuk merenungkan “sejarah kemanusiaannya” yang sedemikian detail, yang tokoh tokohnya tidak semua orang hebat dan bersih. 


Lalu apa yang dapat kita simak dari sisilah Yesus yang panjang ini?


Pertama, Dia sepenuhnya manusia dan seperti semua manusia, kita semua, dia memiliki leluhur, dia memiliki silsilah keluarga. Dia memiliki akar dan dia dibentuk oleh akar itu. Namun kita percaya bahwa Yesus adalah Anak Tuhan, tapi, Dia juga anak Abraham dan anak Daud. Dia milik umat Allah Abraham, orang Israel. Melalui Yusuf, ayahnya, Dia adalah keturunan Raja Daud. Yesus berakar kuat di dunia dan hidup dalam tradisi Yahudi. Silsilah keluarganya adalah silsilah keluarga Yahudi. 


Kedua, Tuhan dapat bekerja dan memberi kehidupan bahkan melalui pengalaman hidup yang negatip. Tuhan hadir terus bekerja dalam hidup kita membawa kehidupan baru dan menguatkan orang yang ada dalam kegagalan hidup sekalipun.


Delapan  hari lagi Natal, waktu kita bersyukur atas anugrah terbesar Tuhan, anurgrah dirinya sendiri, anugrah Putra-Nya sendiri. Dan Ia tidak akan pernah mengambilnya kembali.


Selamat pagi sahabat, sisilah Yesus, sisilah kita selalu mengingatkan kita Allah bekerja tidak pandang bulu, yang jelas Ia dapaat menyempurnakan kelemahan kita, bahkan ketika kita tidak berada dalam kondisi baik sekalipun, Tuhan tetap hadir menyemangati kita. Tuhan memberkati.


Sharing Sr. Anthonella Osf

Selamat pagi Romo dan terima kasih untuk kiriman inspirasi pagi yang bagus. Seperti Romo katakan diatas bahwa Tuhan Yesus mempunyai silsilah yang panjang...yang diantara mereka juga tidak semuanya hebat...Namun Tuhan tetap merupakan bagian dari mereka. Ternyata Tuhan hanya memakai orang yang hebar2 dalam karya penyelamatanNya. Termasuk kita dengan segala keterbatasan kita, kitapun dipanggil untuk ikut ambil bagian dalam karya penyelamatanNya. Semoga Tuhan menyempurnakan niat baik kita dengan rahmatNya, sehingga dengan keterbatasan yang ada kita tetap mampu mengusahakan yang terbaik bagi sesama. Tuhan memberkati.

| Blogger Templates - Designed by Colorlib