Senin, 09 November 2020

Senin.9.11. Inspirasi pagi "cinta akan rumah-Mu membuat aku semangat

Senin.9.11.20 Inspirasi pagi

Yoh.2:13-22 “Cinta akan rumah-Mu membuat aku semangat….

“Pada pesta Pemberkatan Gereja Basilik Lateran”



Mungkin baik mengenal profile Basilika Lateran yang kita peringati pada hari ini.

Lokasinya di Roma, negara Italia. Sejarah singkatnya: gereja ini dipersembahkan untuk mengenang Yohanes Pembaptis dan Yohanes Rasul. Didirikan pada tahun 324 menuju abad ke 4 selesai pada tahun 1735, didirikan oleh Kaisar Konstantin, Kaisar Kristen yang pertama. Jadi proses pembangunan fisiknya dalam waktu yang lama dan panjang,sekali, tidak terbayangkan.

Basilika Lateran adalah salah satu dari empat Basilika Roma yang agung. Basilika ini  adalah gereja Katedral Roma dan, juga, adalah gereja Uskup Roma, yakni di mana  Paus Fransiskus bertahta sekarang. Sebagai Gereja Katedral Paus, gereja ini memiliki gelar 'Ibu dan Kepala semua gereja di Kota dan Dunia'. 

Ada banyak gereja yang indah di Roma dan di seluruh dunia. Namun, kita semua sangat sadar bahwa gereja pada dasarnya bukanlah sebuah bangunan saja, betapapun megahnya. Gereja adalah kumpulan umat  beriman yang berkumpul di gedung  yang kita sebut gereja. Kalau kita sekarang merayakan pemberkatannya, kita merayakan sejarah iman kita yang sering bertemu dan berkumpul di rumah Tuhan.

Mari kita belajar arti pentingnya rumah Tuhan. Mengapa Yesus menjadi  sedemikian marah melihat rumah Allah dijadikan tempat untuk mencari keuntungan pribadi? Karena Ia sadar Rumah Allah, bahasa Yesus Bait Allah, seharusnya menjadi tempat orang berdoa, beribadah, orang bersukacita karena Allah hadir dalam kemegahan gereja. Rumah kediaaman Allah yang membuat hatiNya bernyala nyala, bersemangat dalam pelayanan. ( “Cinta akan Rumahmu menghanguskan Aku”)

Teringat ujaran  Paulus kepada orang-orang Kristen di Korintus, 'Anda adalah bangunan Allah ... Anda adalah bait Allah'. Paulus mengingatkan kita bahwa yang lebih mendasar daripada bangunan yang kita sebut gereja adalah orang-orang yang kita sebut gereja yakni kita umat Allah.

Gereja paroki kita  adalah bangunan  sederhana bahkan tidak bisa dibandingkan  dengan  Basilika Santo Yohanes Lateran di Roma, namun  keduanya sama-sama merupakan tempat meneguhkan iman kita. Mari dijaga keindahannya, dirawat kebersihannya agar iman kita tetap terjaga, agar seluruh kehidupan kita menjadi gerakan menuju Allah Bapa melalui Kristus yang adalah Rumah Allah sendiri.

Cinta akan rumah Tuhan membuat hatiku bersemangat dalam pelayanan untuk membangun umat yang mencintai Tuhan. Mari kita rawat Gereja  dengan setulus hati, sebab itulah cara membangun dan memperlihatkan  identitas kristiani kita dimata umat lain. Selamat pagi sahabat, Tuhan memberkati.

Sharing Sr. Anthonella Osf:

Selamat pagi Romo, tks untuk inspirasi pagu yang menambah wawasan kami tentang Gereja, khususnya Gereja Lateran yang pada hari ini kita rayakan. Kita sungguh bersyukur sebagai orang Katolik walaupun jauh namun terasa dekat, walaupun bermacam- macam namun terasa satu, karena disatukan oleh Kristus. Tidak ada agama yang seperti agama kita. Mari kita tetap berdoa dan menjaga kesatuan dan persatuan Gereja kita agar apapun tantangan dari luar kita tetap mampu mengatasinya karrna kita bersatu.

www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com