Caritas Ketapang

Website Resmi Caritas Keuskupan Ketapang

CMLP

BELA RASA

Selasa.24.11.20 Inspirasi pagi

Luk 21:5-11 “Bait Allah bisa hancur, namun cinta-Nya tak kan pernah luntur”

Ketika beberapa orang berbicara tentang Bait Suci, mereka berkomentar bagaimana bangunan yang sedemikian indah itu, yang  dihiasi dengan batu halus, namun  kata Yesus, 'Semua hal ini yang kamu lihat sekarang - waktunya akan tiba ketika tidak ada satu batu pun yang tersisa di atas yang lain: semuanya akan dihancurkan. 

Mari belajar sedikit tentang bait Allah yang mungkin pada waktu itu dipandang segagai salah satu dari 7 keajaiban dunia. Bangunan yang megah itu dalam sejarah dikenang warisan Raja Raja hebat, seperti Daud, dan Salomon, 3000 tahun yang lalu, mereka mendirikan pusat pemerintahan dan pusat seremonial bangsa Yahudi  kepada Allah. Mereka juga ingat ketika bangsa yang hebat ini dibuang dari negeri yang mereka cintai.

Para murid Yesus waktu itu juga mengingat bahwa Bait Allah didirikan kembali oleh Herodes Muda. Namun sejarah juga mencatat 40 th setelah wafat Yesus th  70   Jenderal  Titus Dari Angkatan Perang Roma meluluh lantakan bangunan tersebut.

Masuk akal, siapun mereka amat terkejut tentang ramalan Yesus bahwa akan tiba waktunya bangunan yang sedemikian indah, butuh 50 th untuk untuk mendirikan, akan hancur rata, tidak ada satu batupun yang akan tersisa. Mereka pasti merasa Kuil itu akan bertahan selamanya. 

Orang pasti bertanya-tanya bagaimana  bangunan permanen yang kokoh kuat  bisa hancur. Kenapa Tuhan bisa membiarkan tempat suci yang berhubungan dengan kehadiran-Nya ini dihancurkan. Bagaimana Tuhan bisa bertahan dari kehancurannya? 


Ingat selalu ada pembelajaran yang baik dari setiap moment kehidupan kita entah gagal hancur, lenyap berkeping keping atau berada dipuncak keberhasilan. Ingatlah ketika begitu banyak hal yang dianggap penting bagi Tuhan, hancur atau dihancurkan.  Cinta-Nya tidak akan pernah luntur dan  hancur. Kasih Tuhan tetap sama kemarin, hari ini dan besok, dan di situlah terletak jaminan kita di tengah banyak hal lain yang berlalu.

Sedih rasanya mengingat masa masa covid ini  ketika kita merasakan   kehilangan begitu banyak yang penting bagi kehidupan iman. 

Namun hidup tetap harus berjalan bukan?  Tetap anthusias, jalani saja, sambil selalu koreksi diri. Jangan mudah tergoda. Jangan biarkan rasa kawatir, takut dan tidak semangat menguasai hidup kita. Awali pagi ini dengan hal hal yang baik, menyenangkan dan menyemangati. Tuhan memberkati.

Sharing sr. Anthonella Osf
| Blogger Templates - Designed by Colorlib