Selasa, 17 November 2020

Selasa,17.11.20 Inspirasi pagi "aneh saja"

Selasa.17.11.20 Inspirasi pagi

Luk. 19:1-10 “aneh saja”

Lucu memang laki laki bernama Zakheus ini.  Pemungut pajak senior,  kaya, mungkin juga sedikit gemuk karena tinggi badannya kurang dari 160 cm. Namun tekadnya untuk berjumpa dengan Yesus sungguh luar biasa. Ketika dia tidak dapat melihat Yesus karena kerumunan itu, dia melakukan sesuatu yang  dianggap sangat aneh bagi orang yang memiliki kedudukan tinggi di masyarakat. Ia  naik ke pohon ara untuk memastikan dapat melihat Yesus. Anehkan.

Tidak berhenti sampai di situ, tiba tiba Yesus berhenti dan melihat keatas pohon dan berkata: “He he Zakheus, turun, hari ini aku mau singgah dan numpang di rumahmu”. Boleh kan?

Bisa dibayangkan kegembiraan Zakheus dapat kunjungan yang sudah lama dirindukannya, namun banyak orang lain tidak terima, kenapa Yesus justru singgah ditempat orang kaya yang hidup dari memungut pajak masyarakat. Dua duanya aneh. Orang kesohor seperti Yesus kok mampir di rumah orang berdosa bisik mereka satu dengan yang lain.

Apa pembelajarannya?

Kisah Zakheus mengajarkan kepada kita bahwa kegembiraan yang orisinil muncul karena Tuhan tidak melihat seberapa besar dosa Zakheus. Ia merasa mendapat penguatan dan kesadaran baru dari pencariannya bertemu dengan Yesus. Adalah tidak berlebihan bila muncul keinginan dan hasrat untuk berbagi kebaikan kepada orang lain, seperti terucap dari komitmennya akan memberikan setengah hartanya kepada orang miskin, dan jika ia telah menipu seseorang, ia  akan mengembalikannya empat kali lipat jumlah tersebut.

Tuhan selalu mengetuk pintu kehidupan kita. Dia mendahului  mencari kita. Zakheus, dengan semua kekayaan haramnya, telah mendapatkan kegembiraan hidupnya kembali. “Lihat Yesus singgah di rumahku dan berbagi meja denganku”,  kenangnya

Suatu hari di minggu pagi, datang seorang laki laki  separuh baya ke pastoran, menyerahkan amplop kepada saya, dengan tulisan, ucapan syukur telah mendapatkan kembali kehidupan keluargaku. Mohon didoakan Romo. Saya kenal bapak ini sudah lama tidak ke gereja. Setelah selesai misa, seperti biasa saya menjumpai umat di depan pintu gereja, dan bersalaman dengan umat. Bapak  tadi bersama istri dan anaknya datang menghampiri saya, “terimakasih romo, terimakasih. Saya menyaksikan kegembiraan ayah ini bersama istri dan dua anak remajanya. Selanjutnya saya sering melihat keluarga ini pada hari minggu. Mereka telah mendapatkan kembali sukacita kehidupan bersama mereka. 

“Hari ini, keselamatan telah datang ke rumahnya. Ia telah mendapatkan kembli hidupnya. Selamat pagi sahabat. Ternyata tidak aneh. Ketika kita mengambil langkah kecil menuju Tuhan, kita menemukan bahwa Dia telah mengambil langkah besar menuju kita. Tuhan memberkati.


Sharing Sr. Anthonella Osf

Selamat siang Romo, terima kasih untuk kiriman inspirasi pagi yang sangat menyentuh. Kisah tentang zakeus memang menarik. Menarik karena seorang pejabat yang tidak malu atau gengsi sampai memanjat pohon karena penasaran akan pribadi Yesus yang luar biasa. Sapaan Yesus terhadapnya membuat dirinya bertekuk lutut, dan langsung berubah haluan 100 derajad. Luar biasa kuasa rahmat yang diterima. Sapaan dan kehadiran Yesus dapat mengubah segalanya, asal yang bersangkutan terbuka akan rahmatNya. Marilah kita mohon keterbukaan hati agar kehadiran Yesus setiap pagi sungguh2 dapat mengubah hati dan hidup kita sehingga kitapun rela untuk berbagi dengan mereka yang ada disekitar kita...


www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com