Caritas Ketapang

Website Resmi Caritas Keuskupan Ketapang

CMLP

BELA RASA

Rabu.18.11.20 Inspirasi pagi

Lk.19:11-28 “ jangan takut gagal”

Menarik dialog antara Tuan yang baru datang dari luar negeri dengan pelayan yang telah dipercaya untuk membungakan modal usaha yang dipercayakan kepada hamba yang ketiga dalam Lukas 19:11-28.

'Tuan, ini modal uangmu. Aku menyimpannya di sapu tangan, karena aku takut padamu, karena kamu pria yang menuntut; kamu mengambil apa yang tidak kamu taruh dan kamu memanen apa yang tidak kamu tanam. Lalu Tuannya menjawaab “dengan kata-katamu sendiri aku akan menghukummu, kamu hamba yang kurang kreatif malas jahat. Kamu tahu saya adalah orang yang menuntut, mengambil apa yang tidak saya taruh dan memanen apa yang tidak saya tanam; mengapa kamu tidak menaruh uang saya di bank? Minimal aku bisa menerima bunganya sekarang. ' Ayo ambil modalnya dan  berikan kepada hamba yang telah memutar modalnya dengan tekun. Tapi  Tuan, mereka kan sudah sukses kenapa harus diberi lagi. Ingat!! kata tuanya, kepada setiap orang yang memiliki lebih banyak akan diberikan, tetapi dari orang yang tidak punya, bahkan apa yang dia miliki akan diambil. 


Belajarlah  dari kegagalan. Setiap orang diberi tanggungjawab besar atas hidupnya. Jangan terlalu curiga dan kawatir yang berlebihan. Belajarlah menjadi orang yang kreatif, dan murah hati. Kira kira seperti itu pesan yang dapat  diambil dari perumpamaan Yesus. Lalu jadi ingat tentang perumpamaan orang Samaria yang baik hati.


Kita masing masing diberikan modal peluang  dan kesempatan yang sama untuk mengolah hidup, namun kita sering bertindak seperti  hamba yang mendapatkan sedikit modal lalu  tidak melakukan apa pun dengan apa yang telah diberikan tuannya kepadanya. Alasannya, karena takut gagal saja, takut ambil resiko. Orang bijak bilang, kegagalan jauh lebih disukai dari pada ketidakaktifan yang menakutkan. Bahasa surat pertama Yohanes “cinta yang sempurna mengusir semua ketakutan”



Kita tidak termasuk orang yang enggan melakukan sesuatu pekerjaan karena tidak mau merasakan pahitnya kegagalan, bukan? Takut gagal, sering membuat kita ragu untuk melangkah. Apa iya, takut gagal membuat kita enggan bertindak.


Selamat pagi sahabat, mari kita hadapi ketakutan kita, jangan takut gagal, mulai dengan tindakan kecil saja hari ini. Tuhan memberkati.


Sharing sr. Anthonella Osf

Selamat siang Romo, terima kasih atas inspirasi pagi yang bagus....Takut gagal adalah sangat manusiawi Romo, karena biasanya orang ingin memberi yang terbaik dan tidak ingin disebut bodoh atau malas...Sehingga apabila mendapat suatu tugas akan dikerjakan dengan sebaik mungkin agar sukses. Tetapi pada umumnya asal kita mau berusaha pasti ada hasil.Namun disini kayanya selain orangnya takut gagal karena image nya terhadap tuannya adalah negatif, namun ada kesan dia juga malas. Mari kita mohon rahmat agar kita berusaha melaksanakan tanggung jawab yang diberikan kepada kita dengan sebaik-baiknya, karena suatu saat kita akan dimintai pertanggungjawaban atas tersebut... Tuhan memberkati...


| Blogger Templates - Designed by Colorlib