Senin, 07 September 2020

Senin.7.9.20 Inspirasi pagi "39 jenis .....

Senin.7.9.20. Inspirasi pagi
Lk.6:6-11 “39 jenis pelanggaran pada hari shabbat”

Shabbat artinya berhenti bekerja. Orang Yahudi merayakannya saat sebelum matahari terbenam pada hari Jumat hingga tiba malam pada hari Sabtu.

Ini ke 39 catatan kegiatan yang tidak boleh dilakukan pada hari “Shabbat” menurut  Traktat Sabat Mishnah. 1. Menabur; 2.Membajak; 3.Menuai; 4. Mengikat berkas gandum; 5.Membuang Sampah; 6.Menampi; 7. Memilih; 8.Mengasah; 9.Memilah; 10. Membuat adonan;
11.Membuat roti; 12.Menggunting wol;13. Mencuci wol; 14. Memukuli wol; 15.Mewarnai wol; 16.Memintal; 17. Menenun; 18. Membuat dua simpul; 19. Menenun dua lembar benang; 20.Memisahkan dua lembar benang; 21.Mengikat; 22. Melepaskan ikatan; 23.Menjahit robekan; 24.Merobek; 25.Menjerat; 26.Memotong hewan;  27.Terbang; 28. Mewarnai kulit binatang; 29. Menyapu untuk mencari barang yang hilang; 30.Menandai kulit binatang; 31 Memotong kulit hingga menjadi bentuk tertentu; 32.Menulis dua atau lebih huruf; 33 Menghapus dua atau lebih huruf; 34.Membangun; 35. Meruntuhkan bangunan;  36. Mematikan api;  37.Menyalakan api; 38 Memberikan sentuhan terakhir pada sebuah benda; 39 Memindahkan benda dari tempat pribadi ke tempat umum, atau sejauh 4 hastadalam batas tempat umum;

Para ahli Taurat dan orang Farisi mengawasinya dengan cermat untuk melihat manakah kegiatan yang akan dilanggar  Yesus  pada hari Sabat, agar mereka dapat menemukan alasan untuk menuduhnya.

Siapapun tahu membantu orang untuk berdiri, melepaskan ikatan sakit orang adalah  suatu pekerjaan yang baik. Ketika  Yesus mengatakan “Ayo nak bangun” peduli amat dengan niat jahat orang Farisi ini,  orang Farisi menjadi sangat marah, dan terus menerus akan mencari kesalahan Yesus.

Apa yang bisa diambil sebagai refleksi atau pembelajaran atas pristiwa ini?

Meskipun Yesus jelas-jelas berbuat baik, orang-orang Farisi mencari hal-hal negatif di dalam dirinya; mereka curiga padanya. Karena mereka cenderung melihat yang negatif, mereka tidak dapat melihat kebaikan yang Tuhan lakukan  pada hari Sabat  di sinagoga. “Terpaku oleh 36 daftar kegiatan yang dilarang? Bisa jadi.

Terkadang kita mudah melihat   seseorang atau menilai  situasi  berdasar dari lensa  kita saja. Belum tentu apa yang baik menurut lensa mata kita pasti baik untuk orang. Jika kita melihat orang melalui lensa mencurigakan, lensa negatif, kita akan melihat negatif dan kehilangan kebaikan. Sebaliknya, jika kita berpikir lebih positif banyak hal bisa membuat kita adem.

Selalu ada harga yang harus dibayar ketika seseorang meninginkan hal yang lebih baik. Dan mari jangan biarkan kondisi mengatur hidup kita. Kitalah yang harus mengatur hidup kita .

Selamat pagi, sahabat, saudari saudaraku, kita tidak akan membiarkan kesulitan atau hal negatip mendominasi hidup kita bukan. Ayo lihat ke depan. Lihat sisi positifnya. Tuhan memberkati. (Rm. Made)

Komentar Sr. Anthonella OSH
Selamat pagi Romo terima kasih untuk kiriman inspirasi paginya yang bagus. Orang Farisi sudah terlanjur tidak suka akan Tuhan Yesus. Jadi apapun yang Beliau buat selalu salah dan jelek. Kebetulan perbuatan menyembuhkan orang terjadi pada hari sabat, semakin lagi mereka menyalahkan Yesus. Iya Romo kadang dalam hidup sehari-hari kita jumpai orang semacam itu... Maunya mencari kesalahan orang terus.... pada hal perbuatannya bila dilihat yang sebetulnya tidak salah. Tetapi selalu saja salah. Iya Romo pada hari ini kita diharapkan untuk tetap berusaha untuk berbuat baik, apapun situasinya dan apapun penilaian orang terhadap usaha kita. Kita percaya suatu saat akan kelihatan mama yang benar dan mana yang salah... Terlebih kita berusaha agar mampu menciptakan pikiran yang positif, sehingga mampu melihat dan menilai secara obyektif apa yang orang perbuat bagi kita...Selamat betkarya, Tuhan memberkati..

Komentar Sr. Petra CSSH
Life is what we make it. When we think positively, everything will be ok, but when we think negatively, everything will be turned into dark... Sya tdk bisa lari...dua cara berpikir ini akan terus menghantui hidup ini... I'll try my best to think positively as long as i could.... Trimksh, Romo. Gbu too. 🙏🙏🙏
www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com