Selasa, 25 Agustus 2020

Inspirasi pagi Selasa 25.8.20 "Setidak tidaknya ubah diri sendiri"

Selasa.25.8.20 Inspirasi pagi
Mt.23:23-26 “setidak tidaknya ubah diri”

Menurut Yesus tanda tanda pemimpin yang munafik adalah, suka ingkar janji, sering tidak adil, tidak punya passion (belas kasih) dan tidak setia.

Misal dalam Mateus 23:23  “Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, sebab persepuluhan j  dari selasih, adas manis dan jintan kamu bayar, tetapi yang terpenting dalam hukum Taurat kamu abaikan, yaitu: keadilan dan belas kasihan dan kesetiaan”. 

Secara sederhana bisa dikatakan orang munafik itu bila bicara sering banyak dustanya, bila berjanji sering tidak ditepati, bila diberi amanat malah sering berkianat. Suka dilihat, senang dipuji tapi enggan untuk menerima kritik.

Perhatian mereka terhadap hal-hal kecil menyebabkan mereka melupakan hal hal besar. Kata Yesus, “Nyamuk kamu tapiskan dari dalam minumanmu, tetapi unta yang di dalamnya kamu telan”.  Cawan dan pinggan  kamu bersihkan sebelah luarnya, tetapi sebelah dalamnya penuh rampasan dan kerakusan.


Peringatan ini juga berlaku untuk kita semua para murid Tuhan. Siapa yang berani menyangkal, terkadang kita   buta hati, banyak wacana, tapi kurang dalam bertindak baik. Sering lugu namun terkadang tidak jujur, pura pura peduli padahal sering masa bodo. Sering menjadi batu sandungan bagi orang lain. Sering tidak konsisten, plinplan, mencla mencle.

Siapa bilang berlaku adil itu mudah. Namun Tuhan ingatkan kita  sekurang kurangnya kita harus memiliki rasa keadilan itu dalam setiap perbuatan kita. Sekurang kurangnya berpikir dan bersikap adil.

Siapa bilang menjadi setia itu gampang. Kesetiaan bagi orang beriman sebuah perjuangan dalam kebersamaan hidup yang terus menerus harus diperjuangkan, tidak menganggap enteng dan remeh. Kata kitab Amsal: banyak orang menyebut diri baik hati, tetapi orang yang setia, siapakah menemukannya? 

Tidak mudah mengubah orang lain, namun setidak tidaknya marilah kita mencoba untuk mengubah diri sendiri, berbenah diri. Sekurang kurangnya kita sadar, tidak menganggap diri paling bersih, tidak  merasa sudah berbuat banyak kebaikan, sudah merasa telah  membersihkan diri.

Selamat pagi sahabat, saudari saudaraku. Semoga semangat berbagi  kasih, keadilan dan kesetiaan menjadi milik kita hari ini. Sekurang kurangnya refleksi kita.Tuhan memberkati.(Rm.Ign Made)

Sharing Sr. Antonella Osf

Selamat pagi Romo...Terima kasih untuk inspirasi paginya yang bagus....Tuhan Yesus secara keras mengutuk perbuatan orang Farisi yang munafik...Merasa diri sempurna didalam melaksanakan hidup keagamaan namun prakteknya? Kitapun sudah mendapat banyak kesempatan untuk melaksanakan kegiatan keagamaan, mulai dari Misa, devosi dan banyak macam doa2.... Sejauhmana semua itu memberi inspirasi dalam tindakan kita terlebih didalam mengupayakan kasih, keadilan dan kesetiaan kita. Mari kita mulai dengan hal2 kecil2 karena semua itu memang tidak mudah untuk dilaksanakan. Dan membutuhkan perjuangan..Mari hari ini kita mencoba salah satu saja dari ketiganya. Bersama rahmat Tuhan kita pasti dimampukan.... Tuhan memberkati..
www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com