PSE-Caritas Ketapang

Website Resmi PSE-Caritas Keuskupan Ketapang

VIDEOS


Caritas Keuskupan Keetapang mendapat kehormatan didatangi oleh Fr. Taka dan Mr. Yuji dari Jepang (7-8 Juli 2018). Mereka ingin melihat langsung komunitas binaan Caritas Keuskupan Ketapang yang berada di Desa Tahak, Desa Deraman, dan Dusun Giet.
Fr. Yamaguchi Michitaka, yang kerap dipanggil Fr. Taka, adalah seorang pastor yang berasal dari Yokohama, Jepang. Beliau merupakan seorang pastor yang sekarang memfokuskan diri pada aktivitas penguatan dan pembinaan kelompok-kelompok binaan di beberapa tempat dan negara, termasuk di Indonesia. Sedangkan Mr. Yuji merupakan seorang rekan kerja Fr. Taka, yang juga mempunyai tugas mengajar di Bali.
"Persoalan utama di desa dan komunitas ini adalah masalah harga karet yang kami nilai sangat rendah," demikian ungkap beberapa anggota komunitas yang berada di Taha, Dusun Kayu Bunga, Desa Balai Pinang, Simpang Hulu, saat bertemu dengan Fr. Taka bersama Caritas Keuskupan Ketapang.
Demikian juga saat bertemu dengan komunitas dampingan di Deraman, Desa Semandang Kiri, yang mempunyai komoditas karet dan padi sawah.
"Kami hanya mempunyai bibit lokal, baik karet maupun padi," ungkap seorang anggota pada saat memplenokan hasil diskusi kelompok.
Kedatangan Fr. Taka dan Mr. Yuji disambut baik dan antusias oleh komunitas. Saat di Deraman, Fr. Taka bersama Caritas Keuskupan Ketapang mendapat kesempatan mengunjungi sistem irigasi milik desa yang digunakan untuk mengairi sawah milik masyarakat.
Pada akhir kegiatan, bersama dengan Caritas Keuskupan Ketapang, Fr. Taka dan Mr. Yuji menyempatkan diri mengunjungi kampung Giet, tempat komunitas dampingan yang pernah didampingi oleh Caritas Keuskupan Ketapang. Mereka ingin melihat langsung perkebunan karet yang pernah didampingi oleh Caritas Keuskupan Ketapang.
Tanggal 9 Juli 2018, Fr. Taka dan Mr. Yuji harus kembali ke tempat tugas masing-masing.
Thank you. See you again Fr. Taka. We hope you enjoy your time at Balai Berkuak.

| Blogger Templates - Designed by Colorlib