Senin, 06 Juni 2016

Fasilitator Harus Sabar Mendampingi Masyarakat

Testimoni Tamin, nonbenef Sei Bansi, 30/5/2016

Tamin adalah seorang PNS mengajar di Sekolah Dasar Negeri 9 di Sei Bansi. Bapak 3 anak ini pernah mengikuti kegiatan pengkajian livelihood partisipatif yang diselenggarakan oleh Caritas pada 2012 lalu. Ia mengakui program promosi livelihood yang dikelola oleh masyarakat adalah model baru di tempat mereka. "Pilihan masyarakat adalah karet waktu itu, bagi saya itu cocok sebenarnya dengan komoditi masyarakat di sini." Perkembangan KSM menurutnya akhir-akhir ini  "Anggota kurang disiplin berkegiatan dan tidak kompak, jadi kita harus sabar,” saran Tamin kepada fasilitator.

Apalagi masyarakat setelah panen padi, “Mereka sering membuat acara gawai pesta adat sendiri, ada yang mau menikahkan anaknya, ada yang mau syukuran, dan macam-macam, keadaan ini bisa mempengaruhi anggota KSM terganggu kegiatannya. Pak Budin bisa lihat sendiri, bulan Mei ini sudah ada 4 kepala keluarga melakukan pesta adat,” Tamin menambahkan.
www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com