Jumat, 04 Maret 2016

Aku ingin menyumbangkan 20 bibit karet unggul hasil okulasiku kepada Gereja Botong

okulasi...okulasi...okulasi
Kontok, Media Caritas Keuskupan Ketapang. Tak terasa, penemanan program community managed livelihood promotion (CMLP) sudah memasuki tahun ke 4. Model pendampingan yang fokus pada partisipasi kelompok dalam  setiap perencanaan dan kegiaatan-kegiatan sudah seharusnya memperlihatkan dampak, baik bagi kelompok dampingan maupun masyarakat di sekitar. Ambil contoh misalnya, bagaimana kelompok belajar untuk menyusun sebuah proposal yang benar untuk disampaikan dalam musyawrah rencana pembangunan desa(Musrenbang). Dengan ketrampilan okulasi karet unggul mereka menawarkan program pengadaan bibit karet di desa. Hanya sayang para pemangku kepentingan di desa lebih tertarik untuk minta bantuan ke dinas perkebunan. Sangat disayangkan semangat yang muncul dari warganya kurang mendapat tanggapan yang serius. Namun Cintul, ketua pengurus kelompok Uncak Kontok tidak patah semangat. Dia mengatakan, tidak apa usul kami tidak diterima, yang penting mereka tahu bahwa kami sudah melakukan yang benar dalam perencanaan desa.
"Kami sangat bersyukur memperoleh pendampingan dari Caritas Keuskupan Ketapang, meski tidak lama lagi penemanan akan berakhir" tuturnya lirih. Pendampingan program CMLP II di  KSM oleh Caritas berakhir bulan Juni 2016.

Ada kisah-kisah menarik yang menjadi harapan dan mimpi beberapa anggota dampingan ketika ditemui oleh Pak Aloysius dan Apin ketika mengadakan kunjungan lapangan, 27-28/2. Pak Cintult dengan semangat membagikan pencapaian karet okulasinya.
"Kini saya sudah menanam 429 karet hasil okulasi saya, tinggal 165 lagi yang harus di tanam" Kelak anak cucuku  tidak akan mudah menyerahkan tanah dan karet yang sudah tertanam rapi, ceriteranya penuh anthusias.

Cintu,t yang akrab disapa kek Pasek.berujar "nah saat ini waktu yang paling baik untuk okulasi, okulasi dan okulasi, karena kami sudah selesai mengetam padi" kisahnya ceria. Dia berkisah bahwa untuk membalas gotong royong ke tetangga dusun ia serahkan pada istrinya, sehingga ia bisa lebih banyak menyisakan waktunya untuk memperbanyak bibit karet unggulnya.
"Juni nanti target saya 729 bibit karet unggul hasil okulasi saya sudah tertanan di lahan milik saya" ungkapnya penuh semangat


"Jadi, bisa dipastikan sang ketua KSM, Cintult,  bulan  Juni nanti ketika pendampingan CKK berakhir, bisa melewati target kita, kata Petrus Apin menyampaikan evaluasinya,3-5/3 di Ketapang . Lebih lanjut, Petrus Apin berkisah bahwa pak Cintult bernazar akan menyumbangkan 20 batang bibit karet unggul hasil okulasinya kepada pra paroki Botong. papin


www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com