Kamis, 07 Januari 2016

Menanam Sayur di Karung Bikin Anten Tertarik

Menanam sayur di karung Anten di program tanaman muda KSM PB di Sei Bansi, desa Merawa menandakan anggota KSM mampu memanfaatkan sumberdaya lokal menjadi strategi dan praktek baik di kelompoknya. Menanam sayur di karung di teras menurutnya adalah salah satu upaya mencegah gangguan ternak liar seperti babi dan sapi, lagi pula mudah di pindahkan dan merawatnya kapan saja. Sebab, Anten menyimpan “sayur portable” di atas kayu di terasnya dengan ketinggian kurang lebih 1 meter dari tanah.

"Ini contoh baik bagi anggota KSM lainnya, awalnya anggota menanam sayur di bedeng di lokasi demplot dan di lokasi karet unggul pribadi, tak ada yang aman dari serbuan ternak liar. Namun saat pendampingan fasilitator November 2015, ide “sayur portable” itu muncul, ini inspirasi dari anggota KSM Ruteng, “ kata fasilitator Jely di kantor CKK

Menurut Anten, ide dari Ruteng tersebut amat bermanfaat bagi kami. Mengingat selama ini cara yang kami lakukan dan kami sudah hampir putus asa dalam melakukan budidaya tanaman muda. "Budaya menanam sayur ini sudah hampir 4 tahun dilakukan anggota KSM di kebun entres dan di pekarangan rumah tinggal diinovasi saja, artinya ide dan kreatifitas mengurangi resiko gangguan ternak itu tidak begitu sulit dan sangat membantu, dan saya sudah melakukannya," tegas Anten.

Tugas bersama anggota dan pengurus KSM PB ke depan adalah mendorong sesama anggota agar saling berbagi dan menyemangati. Cara “sayur portable”, menurut Anten, sudah mencerminkan keseriusannya menjalankan RK KSM. (Jely)




www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com