Kamis, 06 Agustus 2015

MENCAPAI TARGET, OKULASI DENGAN CARA ROYONG

 

Ayo coba terus..


Berdasarkan Rencana Kerja Tahunan (RKT), KSM Siling Pancor Aji harus mempersiapkan lagi ribuan batang bawah karet lokal untuk menutupi kegagalan okulasi. Faktor kegagalan okulasi adalah karena sebagian besar anggota belum merata terampil okulasi, dan faktor kesibukan berladang mempengaruhi ketidakaktifan anggota melakukan budidaya karet unggul. 
Hal itu diamini oleh pak Mungkin selaku ketua KSM. "sulit sekali bagi kami untuk tidak membayar utang odi kampung" katanya lebih lanjut, "bila tidak bayar utang odi malu rasanya".

Oleh karena itu Jelly Karel selaku pendamping, berusaha untuk mencari jalan dan upaya yang pas dengan kalender musim, agar pendampingan  jalan, odi atau bayar utang kerja ke ke tetangga  tetap jalan. Pendekatan yang digunakan adalah live in dan Sekolah Lapang (SL), baik perorangan maupun kelompok. Namun demikian, hasil pendampingan seringkali menemukan kegagalan dikalangan  anggota KSM sendiri.

Peran fasilitator sangat penting menemukenali metode yang cocok untuk pendampingan.  Minggu, 12 Juli 2015 fasilitator mencoba mengajak anggota melakukan praktek ulang teknik okulasi dan panen mata entres. Lewat SL penyegaran ini, diharapkan kepada 7 anggota dapat lebih terampil okulasi dan menjadi pioner bagi anggota lainnya. Mencapai target jumlah batang bawah dan okulasi, anggota KSM bersepakat akan menerapkan cara royong (mutual help) melakukan okulasi batang bawah, dengan demikian semua anggota dapat merata merasakan keberhasilan okulasi. Jelly.
www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com