PSE-Caritas Ketapang

Website Resmi PSE-Caritas Keuskupan Ketapang

VIDEOS

Rapat RKT KSM UK 14 Juli 2015
Rapat RKT KSM KJK 16 Juli 2015

KSM Uncak Kontok dan Kak Jaka sudah mengimplementasikan rencana kerja tahunan (RKT) periode Agustus 2014 s/d Juli 2015. Ada empat komponen rencana kerja yang telah disusun dan dilaksanakan oleh dua KSM ini; komponen pertama perlindungan karet, segala kegiatannya berkaitan dengan budidaya karet unggul. Komponen kedua pengembangan non karet, kegiatannya adalah terfokus pada budidaya tanaman muda dipekarangan rumah dan aplikasi pengisian buku kas keuangan keluarga bulanan yang sering disebut pengelolaan ekonomi rumah tangga (PERT). Komponen ketiga pengembangan KSM, kegiatannya berupa peningkatan kapasitas kepengurusan kelompok maupun anggota melalui pelatihan dan pembuatan proposal partisipatif, serta meningkatkan kemitraan dengan stakeholder eksternal. Komponen keempat adalah monitoring dan evaluasi rencana kerja tahunan.

Pelaksanaan RKT dua KSM ini berakhir pada bulan Juli 2015, maka dari itu perlu menjalankan komponen keempat yaitu melakukan evaluasi rencana kerja yang sudah dilaksanakan setahun lewat. Pasca evaluasi dan berpedoman hasil evaluasi KSM akan menyusun kembali RKT baru untuk periode Agustus 2015 s/d Juli 2016.

Tujuan evaluasi dilaksanakan adalah untuk mengetahui sejauh mana tingkat pelaksanaan RKT KSM, dan menarik pembelajaran selama setahun lewat perihal tantangan kesulitan dan faktor pendukung kegagalan dan KSM bisa melakukan evaluasi sendiri dan menyusun RKT baru.

Selama kegiatan berlangsung fasilitator lapangan hanya mendampingi proses. Proses awal evaluasi RKT lama dipimpin oleh salah satu anggota atau pengurus KSM. Selama evaluasi dan penyusunan RKT baru anggota lebih banyak berpendapat dan staf CKK membantu memberi masukan dan informasi.

Kehadiran Koordinator Lapangan (Aloysius Rachmad) dan Petrus Apin adalah selain observer sekaligus mendukung fasilitator lapangan dan KSM dampingan selama berproses.(PA)


| Blogger Templates - Designed by Colorlib