Jumat, 12 Juni 2015

VIDEO PENDEK KARYA OMK YANG KREATIF

Seksi Pengembangan Sosial Ekonomi Paroki St. Martinus Balai Berkuak bekerja sama dengan Komsos dan Caritas Keuskupan Ketapang menyelenggarakan workshop pelatihan membuat film dengan HP untuk OMK, 10-12/5-2015 di Aula Susteran Agustinus Balai Berkuak.Kegiatan ini  direncanakan untuk mengisi hari Komunikasi dengan memutar hasil karya anak-anak muda ini. “Kami ingin orang muda Katolik mengambil peran dalam tahun keluarga yang dicanangkan Keuskupan Ketapang” papar Apin  seksi PSE paroki mengawali kegiatan workshop. Alat komunikasi yang canggih seperti handphone berbasis android sudah menyebar pula di  kampung-kampung. Kami ingin anak muda mampu memanfaatkan alat alat yang canggih ini untuk hal-hal yang positip, seperti membuat film singkat. Oleh karena itu, paparnya bersemangat, “Dalam penyusunan program paroki saya mengusulkan agar anak muda diberi ruang untuk mengekpresikan diri dalam memahami dan memotret keluarga dengan gaya mereka sendiri.”

Pelatihan membuat film features secara sederhana ini dikuti oleh 20 OMK dipandu oleh Alexander Mering, seorang wartawan dan penulis, ditemani oleh videografer dan editor film Danang Sujati dari Caritas Keuskupan Ketapang. “Ini cara belajar yang baru dan asyik”, ungkap Silvia salah satu peserta yang aktif bertanya. “Kami mendapat pelajaran membuat storyline  dan dengan detail harus mencatat dan menentukan shot-shot yang harus kami buat. Pokoknya asyik dan keren,” ungkap Lita salah satu peserta Anak-anak muda umumnya memiliki alat komunikasi yang berbasis android, bisa digunakan untuk memotret dan membuat video, sayang kalau hanya digunakan untuk hal-hal yang tidak kreatif.

Fasilitator dengan tekun menemani para peserta yang dibagi dalam lima kelompok untuk diberi bekal, membuat storyline, mengambil footage. Hari berikutnya  mereka dilepas selama satu hari untuk menghubungi nara sumber, mewawancarainya, mengambil gambar sesuai dengan skenario yang telah mereka susun. Hasilnya ada 5 film pendek yang berbasis keluarga yaitu: Lampion of Emptiness, 100% Dayak 100% Katolik, Merajut budaya dalam keluarga, Remaja dan harapan orang tua, Senja bersama Gereja, yang akan diputar nanti pada hari Minggu Komunikasi Sedunia di Balai Berkuak.

“Saya puas dan bangga,” ungkap pastor Karel yang mendampingi OMK. “Saya tidak mengira mereka mampu

memotret keluarga dengan cara mereka sendiri, termasuk untuk kepentingan gambar di gereja, mereka mampu mengajak pasangan ini untuk perayaan ekaristi. Salut.” ungkapnya lebih lanjut.




www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com