PSE-Caritas Ketapang

Website Resmi PSE-Caritas Keuskupan Ketapang

VIDEOS



menyiapkan lahan batang bawah untuk okulasi karet
 Pelatihan budidaya tanaman karet yang diselangarakan di Tanjung Beulang, Kec. Tumbang Titi Kab. Ketapang Kalbar  Jumat (8/2) sangat terasa manfaatnya bagi masyarakat.

Masyarakat sangat anthusias untuk mengikuti kegiatan yang diselanggarakan oleh Caritas Keuskupan Ketapang (CKK). “Kami sekarang sedikit-sedikit sudah paham untuk membudidayakan karet unggul dan kami berharap  dapat menyediakan bibit ungggul untuk kebun sendiri” kata Yadi warga Tanjung Beulang yang ikut pelatihan Budidaya Tanaman karet. Selain bapak-bapak, anak-anak merekapun nampak serius dan melontarkan pertanyaan kepada orang tuanya dan memperhatikan apa yang dikerjakan orang tua mereka.

Menurut Ketua Kelompok II(kelompok Santika I), Jinggo pelatihan tersebut sangat bermanfaat untuk keterampilan dan menambah pengetahuan anggotanya dan dia  sendiri. Dia menambahkan memang harga karet  saat ini masih rendah, akan tetatapi kalau menggunakan karet unggul yang produksinya tinggi, tanaman karet tidak kalah dengan tanaman perkebunan lainnya dan bahkan bisa melebihi hasil 
tanaman lain. Dia nampak gembira sejak diadakannya pelatihan tersebut. 
Semantara itu menurut kepala Desa Tanjung Beulang, Perkebunan karet ini sangat cocok untuk melestarikan alam, karena selain mendapatkan penghasilan, mereka juga dapat menjaga hutan tanpa harus merusak hutan, bahkan dapat menambah jumlah hutan agar daerah mereka tetap terhindar dari 
pencemaran lingkungan dan erosi. 
“Kami mempunyai tanah yang luas” Kata Anasius (35)yang adalah  kepala Desa Tanjung Beulang, dia mengatakan selama ini kami Cuma mencabut dari kebun, kemudian ditanam keladang yang padinya sudah digetam, akan tetapi produksinya sangat rendah. Dari semua karet yang kami tanam hanya beberapa yang lateksnya banyak, sehingga penghasilanpun sedikit. Dengan adanya karet unggul kami berharap penghasilan dapat bertambah. Menurut Sempana(55) Ketua Kelompok I(kelompok Sibau Baru), kami masih perlu bimbingan dan pelatihan supaya kami lebih memahami tentang budidaya karet yang baik dan benar.(Yoh Budin fasilitator ckk)


| Blogger Templates - Designed by Colorlib