Jumat, 08 Agustus 2014

Memagari kebun sumber mata entres KSM Uncak Kontok



Caritas Ketapang- Bapak Aloysius selaku koordinator lapangan CMLP terkesima menyaksikan anthusiasme warga untuk melindungi kebun entres ketika mengadakan kunjungan  lapangan ke komunitas Uncak Kontok, 22 Juli 2014. Dia mengungkapkan kegembiraannya ketika melihat warga memagari kebun entres masyarakat dengana kawat berduri. Menurut dia hal tersebut sangat menggugah dan memberi semangat baru untuk pendampingan CMLP tahap 2.

"Keberlanjutan program seharusnya berjalan seperti itu, kalau mereka mau semakin riselien dan ketika kami mundur dari pendampingan, justru warga tetap melanjutkan", imbuh bapak Aloysius Rachmad ketika mengadakan kegiatan baseline data  dan orientasi pendampingan CMLP 2.

Perlu diketahui kelompok swadaya masyarakat yang menamakan diri KSM Uncak Kontok, dan Ka Jaka,  kini sudah berusia dua tahun, mendapat pendampingan dari Caritas Keuskupan Ketapang bekerja sama dengan Karina dan Caritas Austria.

“Awalnya kami kawatir ditinggalkan sendiri tanpa dampingan, namun kami tetap berlatih dan merawat sumber mata entres kami”, ujar Liter ketua kelompok Kak Jaka, ketika ditanya selama ini apa kegiatan mereka.
“Pendampingan model PLDM yang berbasis pada proses, butuh waktu dan mahal, ujar Adyanto yang menjadi pendamping kelompok ini.

Mendampingi komunitas dengan metoda community managed, dimana komunitas adalah subyeknya,  sepakat belajar membangun diri mereka dari apa yang mereka miliki, belajar membuat proposal  dengan  cermat mencatat dan menghitung kebutuhan, menganalisa situasi dan keadaan kampung secara bersama dalam kelompok, adalah pendekatan yang coba diperkenalkan kepada KSM ini. Kami berharap mereka punya kemampuan untuk mandiri dan tidak tergantung dari bantuan pihak luar, Ujar bapak Aloysius mengakiri perbincangan kami.


www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com