PSE-Caritas Ketapang

Website Resmi PSE-Caritas Keuskupan Ketapang

VIDEOS






CARITAS KEUSKUPAN KETAPANG. Kelompok swadaya masyarakat (KSM) sangat penting karena menjadi sarana membangun masyarakat yang riseliens (tangguh terhadap bencana) melalui kajian, perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, dan penilaian kegiatan masyarakat. Caritas Ketapang  dengan mitra IFACS telah mengadakan training kepemimpinan organisasi dalam rangka mengisi kegiatan monitoring atas kesepakatan konservasi hutan yang dilindungi oleh masyarakat di Desa Kepari dan Sepotong, pada tanggal 28-30 Juni 2014.

Para peserta training dari kelompok ibu-ibu sangat anthusias mengikuti kegiatan ini, karena baru pertama kali diadakan di desa ini, kata Aloysius Racmad koordinator lapangan Caritas.

Kaum perempuan harus diberi kesempatan untuk bersama belajar memahami konflik, belajar merencanakan keuangan dengan mencatat secara sederhana. Ibu ibu juga diperkenalkan bagaimana mengenali pemangku kepentingan yang dapat mereka ajak untuk semakin memberdayakan mereka dalam mimpi yang kecil dengan aksi besar, ibu ibu juga dipromosi untuk mampu tampil sebagai pemimpin dalam organisasi,tutur Jeli Peuyoh sebagai nara sumber.

Ada 117 ibu-ibu yang hadir dalam dua hari pelatihan di dua desa. Sebelumnya juga telah diadakan kegiatan pemetaan nilai kehidupan tinggi (NKT) melalui program pelestarian hutan oleh masyarakat yang berbasis matapencaharian dengan utamanya melindungi nilai tinggi yang dimilik hutan. Hasil dari identifikasi nilai hidup dituangkan dalam peta yang kemudian disepakati untuk dijaga dimonitoring dilindungi dengan berbagai cara.

Yang menarik adalah  adanya rencana kesepakatan melindungi nilai kehidupan yang sudah tergambar dalam papan peta CCLA ini, akan ditandai dengan upacara adat bebantant Masyarakat adat Kepari tgal 17 Juli 2014. (md)
                                                                    
| Blogger Templates - Designed by Colorlib