Senin, 07 April 2014

Pelatihan Pembuatan pupuk organik

   Fasilitator mengarahkan pembuatan pupuk organik
Sekitar 22 orang anggota KSM Pateh Banggi mengikuti sekolah lapang pembuatan pupuk kompos di halaman SDN 09 Mengkaka pkl.13.00-14.30 oleh fasilitator CKK. Tujuan sekolah lapang ini diberikan agar anggota KSM bisa mengelola dan membuat pupuk kompos sendiri untuk memupuk karet lokal maupun karet unggul nantinya secara berkelanjutan dan tidak bergantung lagi pada pupuk kimia.  Pupuk kompos dari bahan dedaunan dikumpulkan  sebanyak 52 kg, bahannya dicincang bersama di atas sebuah terpal alas pengolahan pupuk, setelah halus semuanya, bahan tersebut disiram dengan kadar air 60%, kemudian dicampur dengan bahan pengaktif mikroba (50 cc Em 4 dilarutkan dengan air 4 liter serta 50 cc air gula merah). Cairan larutan 3 unsur tadi disiramkan secara perlahan pada tumpukan daun sambil di aduk-aduk dengan tangan sampai merata. Hasil adonan dipindahkan ke 3 buah karung (tidak ada papan buat kotak penampung).

Pembuatan pupuk kompos dari bahan kotoran Ternak tidak jadi dilaksanakan karena hujan lebat. Secara teori fasilitator tetap menyampaikan bagaimana cara mengolah pupuk tersebut. Bahan atau material yang digunakan adalah sebagai contoh siapkan 10 kg kotoran ternak sapi yang sudah terurai, campurkan dedaunan yang dicincang secukupnya, siramkan air secukupnya berkisar kadar air 60% dengan tanda terpal tidak tergenang air, siramkan lagi larutan air sebanyak 4 liter ditambah cairan Em 4 dan air gula merah masing-masing 10 cc. Bahan yang suadah tercampur diadon sampai betul betul merata. Setelah dipandang merata campuran bahan tadi diremas sampai terasa megar (tidak terlalu basah), ini menandakan adonan sudah cukup matang. Kemudian hasil adonan dibungkus pakai terpal dengan rapi di tempat yang aman, terhindar dari sinar matahari langsung dan kena curah hujan. Endapkan selama 7 hari dan pupukpun siap digunakan untuk memupuk apa saja. Pada saat hujan, peserta SL memanfaatkan waktu luang saat hujan untuk berdiskusi di teras. Hasil diskusi peserta SL ketika berkumpul diteras Sekretariat. Final pembersihan lahan bersama akan dilaksanakan besok tanggal 09 Januari 2013 sehabis makan siang sepulang menoreh. Tanggal 10-11 Januari pemagaran demi keamanan kebun batang bawah dari ternak pada saat SL pembibitan batang bawah.(PA)
www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com