Caritas Ketapang

Website Resmi Caritas Keuskupan Ketapang

CMLP

BELA RASA

Rabu.16.12.20 Inspirasi pagi


Lk.7:19-23 “Novena Natal”

Dari sekarang tinggal 9 hari lagi kita akan merayakan pesta kelahiran Sang Penyelamat kita. Perayaan 24 Malam akan menjadi hari yang mengharu birukan hati karena suasana natal juga disertai dengan kekawatiran pandemic covid jilid dua yang kembali menggetarkan dunia. Oleh karena itu mari kita mengawali Novena natal ini “ demi anugrah natal yang agung ini “jadikan kami seperti murid murid Yohanes yang diutus bertemu dengan Tuhan,  “kembalilah dan beri tahu Yohanes pembaptis, apa yang telah kamu lihat dan dengar: orang buta melihat lagi, orang lumpuh berjalan, penderita kusta disucikan, dan orang tuli mendengar, orang mati dibangkitkan, Kabar Baik telah diberitakan kepada orang miskin dan berbahagialah  orang yang tidak kehilangan kepercayaan padaku”.



Injil pagi ini menampilkan kisah Yohanes Pembaptis yang beda. Ia yang kekar kokoh kuat sehat  kini terkungkung sepi, tinggal  dalam gelapnya penjara, kontras dengan situasi padang gurun yang terbuka, dimana kita mendengar ia leluasa berteriak dan berkarya. Kini  Ia mungkin mulai bingung, mulai meragukan pekerjaannya, mulai bertanya tanya, apakah ia benar benar telah mengarahkan orang pada yang benar, sehingga ia mengutus murid muridnya untuk memastikan kembali, orang yang telah dibaptisnya dengan air, orang yang “untuk sekedar berlutut dan menunduk untuk membuka tali kasutnyapun ia tidak pantas”.


Teman teman, bahkan orang yang beriman kuat pun dapat mengalami saat-saat keraguan  yang besar. Tidak peduli seberapa kuat iman kita, pertanyaan tidak nyaman sering muncul yang dapat membuat kita meragukan keyakinan iman kita, bahkan hidup kita. Namun berbahagialah yang tidak kehilangan harapan dan kepercayaan, pesan Tuhan Yesus kepada para murid Yohanes pagi ini.

Kita boleh belajar dari pengalaman Yohanes pagi ini, dan pesan Yesus kepada murid murid Yohenes.  Iman sering tidak jauh dari keraguan, namun  keraguan dapat membantu menjaga iman agar tetap bertahan, tetap jujur ​​dan murni. Selalu akan ada kewatiran dan ketakutan dalam hidup ini. Iman yang kuat juga   dapat dirusak secara khusus oleh pengalaman hidup yang  gelap, namun “berbahagilah yang masih tetap mampu bertahan meski pahit sekalipun”.

Selamat pagi sahabat, di saat saat hati ini bingung letih seakan akan tanpa pengharapan, penuh beban,  lihat sejenak kehidupan indah yang pernah Tuhan sisipkan untuk diri kita. Bukalah matamu dan lihat cara Tuhan telah bekerja dalam hidup kita. Mungkin tidak spektakuler, mungkin jalannya tidak selalu lancar dan rata, namun Ia telah menemani kita sejauh ini, lihat Ia hadir melalui  pasangan anda, lihat Ia hadir melalui wajah anak anak anda bahkan cucu anda. Datanglah Tuhan datanglah. Kembalilah kembalilah kekuatanku. Tuhan memberkati.


Sharing Sr. Anthonella Osf

Selamat pagi Romo, terima kasih untuk kiriman inspirasi pagi yang bagus. Pagi ini kita merenungkan kebingungan St. Yohanes Pembaptis. Lalu mempertanyakan, identitas Yesus yang sebenarnya lewat murid yang diutusnya. Tetapi Yesus tidak menjawab dengan tegas siapa sebenarnya diriNya tersebut. Namun Dia menjawab lewat pekerjaan2 yang telah dibuatNya. Kitapun dipanggil untuk menjadi saksi lewat perbuatan2 baik yang kita lakukan,  atas kebaikan Tuhan yang telah dianugerahkan oleh Tuhan kepada kita. Semoga Tuhan memampukan kita untuk memberi pelayanan yang terbaik kepada mereka yang kita layani sepanjang hari ini. Tuhan memberkati.


| Blogger Templates - Designed by Colorlib