Jumat, 18 Desember 2020

Jumat.18.12.20 Inspirasi pagi "dilema"

Jumat.18.12.20 Inspirasi pagi

Mt. 1:18-24 “Dilema” 


Dilema  dapat dimaknai sebagai situasi sulit yang mengharuskan orang menentukan pilihan antara dua kemungkinan yang sama-sama tidak menyenangkan atau tidak menguntungkan; situasi yang sulit dan membingungkan. Dilema dapat terjadi dalam semua aspek kehidupan manusia, salah satu misalnya keluarga, yang menyebabkan seseorang sulit mengambil keputusan.


Hari ke-7 menjelang Natal, dalam pembacaan Injil pagi ini, Yosep menemukan dirinya dalam dilema. Meskipun bertunangan dengan Maria dan, oleh karena itu, secara sah sebagai suami-istri, mereka belum hidup sebagai suami-istri bersama, namun Maria mengandung anak. Ini adalah situasi yang kurang ideal bagi Yosep dan dia mencoba untuk melakukan hal yang pantas dengan bermaksud menceraikan Maria secara diam-diam dan tidak resmi. Mt.1:18-24 “bagaimana Yesus Kristus datang untuk dilahirkan”

Hanya setelah tahu bahwa  bahwa kehamilan Maria adalah mukjizat, pekerjaan Roh Kudus, anaknya secara hukum akan menjadi anaknya tapi akan menjadi anak Tuhan dengan cara yang unik, dengan segala kerendahan hati sebagai seseorang yang memiliki hati seorang ayah, Yosep akhirnya setuju untuk menerima kembali Maria. Pergumulannya berakhir.


Kita sering menemukan diri kita sendiri, seperti Yosep, dalam situasi yang tidak ideal. Terkadang kita hidup dalam dilema. Hal-hal berubah dengan cara yang tidak kita inginkan. Kita bisa terlempar oleh kejadian yang tidak terduga misalnya ada dalam suasana pandemic covid ini  dan kita bertanya-tanya apa yang harus kita lakukan. 

Tetap bercermin pada Yoseph “yang memiliki hati seorang Ayah, yang lembut dan penuh kasih, ayah yang taat, ayah yang menerima, ayah yang berani secara kreatif, ayah yang bekerja, ayah dalam bayang bayang. Tokoh orang biasa, jauh dari pusat perhatian, namun tetap sabar menawarkan harapan setiap hari dan mengambil peran yang tak tertandingi dalam sejarah keselamatan umat manusia. Selamat merayakan “Tahun Santo Yusuf” 8 Des 2020-8 Des 2021 (surat Apostolik Paus Fransiskus)

Selamat pagi sahabat. Tetap semangat, tetap menaburkan kebaikan, meski sulit. Miliki hati seorang ayah seperti Yosep. Tuhan memberkati. 

Sharing Sr. Anthonella Osf


www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com