PSE-Caritas Ketapang

Website Resmi PSE-Caritas Keuskupan Ketapang

VIDEOS

Minggu.1.11.20 Inspirasi pagi

Mt. 5:1-12a “Hari Raya semua Orang Suci”

Orang suci adalah orang yang melakukan hal kecil dengan passion  yang luar biasa. Teringat Ibu Theresa dari Kalkuta.

Tak lama setelah diangkat menjadi uskup agung Saigon di Vietnam, Francois Xavier Nguyen Van Thuan dipenjarakan oleh penguasa  komunis selama tiga belas tahun, dari tahun 1975 hingga 1988. Selama masa penahanannya, ia menulis serangkaian meditasi singkat, kata-kata penghiburan untuk umatnya dengan judul “Jalan Harapan”. Dalam salah satu meditasinya dia menulis: 'Para Orang Suci tidak menjadi orang suci melalui tindakan, nubuat atau pertunjukan mukjizat. Mereka sama sekali tidak melakukan hal yang luar biasa, tetapi mereka adalah orang  yang  setia menjalankan tugasnya yang biasa '.meski di dilecehkan, dianiaya (dipersekusi)sekalipun.

Hari ini kita merayakan bukan hanya orang-orang kudus yang dikanonisasi oleh Sri Paus, tetapi semua yang menjalani kehidupan yang baik dengan cara sederhana setia, penuh pengabdian,  sekarang ada bersama Tuhan di surga. 

Mereka adalah orang-orang yang, dengan cara berbeda, mengungkapkan beberapa aspek kehidupan manusia yang Yesus tempatkan di hadapan kita dalam sabda bahagia, happy, blessed,  gembira, dan diberkati seperti dalam bacaan injil pagi ini. Mereka yang miskin  dalam roh, artinya yang menyadari ketergantungan penuh mereka kepada Tuhan dalam segala hal. Mereka yang memiliki kemurahan hati dan   kelembutan. Mereka berduka karena dunia. Mereka lapar dan haus akan apa yang benar, untuk apa yang Tuhan inginkan. Seperti Dia, penuh belas kasihan, mengulurkan pengampunan, memeberikan maaf kepada mereka yang membutuhkannya.

Menjadi  penyembuhan bagi mereka yang hancur pikiran, jiwa atau tubuhnya. Hati mereka suci bersih, murni karena  terfokus pada Tuhan dan pada tujuan Tuhan bagi hidup kita. Mereka adalah orang-orang yang membawa kedamaian Tuhan kepada orang lain, bekerja untuk rekonsiliasi, penuh toleransi untuk sebuah perbedaan. 

Hari ini kita bersyukur untuk semua orang  yang mengungkapkan Tuhan dalam kehidupan yang biasa tapi dengan cara yang luar biasa. Mereka yang tidak takut gagal dan jatuh, mereka yang berani bangkit, dan tidak mudah mengeluh, namun taat asas. Mereka tidak tersesat oleh kesalahan yang terjadi di sekitar mereka, tetapi tetap berada di jalur dengan tetap menatap Tuhan. Mereka yang berani menyelesaikan pertandingan dengan penuh gigih. Mereka yang telah memberikan warisan yang sangat berharga. Mereka yang tetap anthusias menghadapi berbagai persoalan hidup. Mereka yang hidup dengan rendah hati.

Mereka adalah guru kita, orang tua kita, saudara kita, orang tua baptis kita, teman kita, rekan kerja kita, pimpinan kita, tetangga dan kenalan kita. Mereka adalah orang-orang yang kebajikannya telah meninggalkan jejak pada kita. Mereka adalah orang yang memiliki semangat, gairah untuk menjalani hidup.

Selamat pagi sahabat, selamat hari minggu, selamat pesta semua orang kudus.  Mari belajar melakukan hal yang kecil, biasa saja dengan passion kita, you will be happy, and blessed. Tuhan memberkati.

Sharing Sr. Anthonella Osf

Selamat pagi dan selamat Hari Raya Orang Kudus Romo..Pada hari ini saya pribadi hanya mampu bersyukur bahwa melalui bacaan hari ini saya merasa mendapat gambaran sepintas bagaimana situasi di Surga...Dan kita sebagai orang beriman Katolik, mempunyai harapan suatu saat menikmati situasi tersebut dengan kata2 Yesus sesuai yang tertera dalam Injil "berbahagialah...."semoga kita tekun melaksanakan hal2 kecil dan sederhana dengan tulus dan Cinta yang Besar...seperti yang telah Romo katakan diatas...Sehingga akhirnya kita layak dipuji sebagai orang yang berbahagia.... Tuhan memberkati..

| Blogger Templates - Designed by Colorlib