Senin, 05 Oktober 2020

Senin.5.10.20.Inspirasi pagi. "cara Tuhan menolong sering mengejutkan...

Senin.5.10.20 Inspirasi pagi

Lk.10:25-37 “Cara Tuhan menolong kita sering mengejutkan”


Perumpamaan tentang Orang Samaria yang baik hati mengingatkan kita bahwa bantuan dapat datang kepada kita dari tempat yang tidak terduga. Orang yang terluka dalam perumpamaan itu kebetulan  seorang Yahudi. Dari kisah kisah ceritra kita tahu orang Yahudi bermusuhan dengan orang Samaria. Orang Yahudi yang kena rampok  tidak akan mengharapkan bantuan datang dari seorang Samaria, yang menjadi musuhnya dalam bermasyarakat. Singkatnya orang Yahudi yang sombong ini tidak mengharapkan bantuan sedikitpun dari musuhnya.


Yang sangat mengejutkan, pria yang lagi sial kena rampok, menemukan bahwa orang baik yang menolongnyanya justru dari  seseorang yang tidak diharapkannya sama sekali. Dibandingkan seorang imam rajin beribadah dan berdoa yang lewat yang hanya melirik saja, orang Samaria ini membuat perbedaan yang luar biasa. 


Terkadang dapat mengalami hal  yang sama dalam hidup kita sendiri. Pada saat-saat mendesak, genting, sumpek,  tidak tahu lagi apa yang harus dilakukan, jalan semua buntu, ada bantuan dari orang-orang yang tidak diharapkan untuk membantu kita. Justru pertolongan muncul dari orang yang sebelumnya kita remehkan atau kita anggap sampah saja. 

Sebaliknya kerap kali kita jumpai dalam hidup justru orang yang kelihatanya aktivis, nasehatnya bagus, sering nulis inspirasi, kelihatan memiliki banyak kesempatan berbuat baik, justru omongannya sering menyakitkan, dan selalu melihat orang lain malas tidak iklas membantu. 


Pembelajaran yang bisa dipetik ialah, saat saat kritis, saat-saat kita butuh pertolongan,  

Tuhan datang kepada kita melalui penyamaran yang tidak biasa, belaskasih dan pertolongannya di dalam dan melalui orang-orang yang dipilih-Nya sendiri. Orang  yang datang justru orang yang selama ini diam, tidak binyak bicara, bahkan yang diangap tidak memiliki kepedulian .


Pembelajaran yang kedua, selalu ada yang bisa kita lakukan untuk membantu orang  lain, terutama di masa Covid ini. Memberi orang lain sedikit waktu kita, sedikit dari kemampuan,  ataupun rejeki lebih yang kita terima. 


Pembelajaran yang ketiga, apa yang dilakukan orang Samaria untuk orang yang terluka itu juga merupakan gambaran dari apa yang Yesus ingin agar kita lakukan untuk satu sama lain, 'Pergi dan just do it” lakukan kebaikan kapan dan dimana saja”. 


Selamat pagi sahabat, saudari saudaraku, waktu berjalan terus, tidak tahu apakah akan panjang atau pendek, mari berlomba dalam kebaikan. Berusaha berpikir positif. Tuhan memberkati.


www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com