Jumat, 23 Oktober 2020

Jumat.23.10.20 Inspirasi pagi "perlu saat hening sejenak"

Jumat.23.10.20 Inspirasi pagi

Lk.12:54-59 : “perlu hening, istirahat, agar sehat”

Untuk mengetahui seperti apa cuaca nanti, tinggal kita klik aplikasi cuaca pada android anda yang akan memberi anda info tentang lokasi dimana anda berada, suhu udara berapa derejat celsius, bahkan untuk mendektesi berapa besar gempa yang akan terjadi, atau dimana akan terjadi gelombang laut besar semuanya dapat diprediksi. Generasi ini begitu canggih

Namun perubahan iklim sekarang sedemikian cepat terjadi. Angin entah dari mana datangnya, tiba tiba hujan datang, atau sebentar panas datang, tapi kemudian mendung lagi. Sulit memprediksi kapan musim panas kapan musim hujan tiba. Batasan waktunya sering tidak jelas. 

Dalam pembacaan Injil, Yesus berkata kepada orang banyak: “Ketika kamu melihat awan naik di barat, kamu langsung berkata bahwa akan turun hujan — dan terjadi demikian; dan ketika kalian memperhatikan bahwa angin bertiup dari selatan, kalian mengatakan bahwa hari akan menjadi panas — dan memang terjadi seperti itu.

Orang zaman Yesus memang pandai menafsirkan keadaan bumi dan langit, pandai membaca cuaca, namun kata Yesus sekali lagi, mengapa kalian tidak pandai menilai pentingnya zaman ini. Mengapa kalian tidak mengenali seseorang yang lebih besar dari Salomo , lebih besar dari Yunus, berdiri di antara kalian, ucap Yesus kesal suatu hari. Mengapa kalian menutup mata untuk melihat, dan menutup telinga untuk mendengar hal-hal baik yang telah Kulakukan berkeliling?

Banyak dari mereka tidak dapat mengenali bahwa Tuhan bekerja dengan penuh kuasa melalui kehidupan dan pelayanan Yesus , dan memanggil mereka melalui Yesus. Mereka kebal dan tidak mau menangkap dan memahami sedikitpun terhadap kehadiran  Tuhan yang kas, seperti menyembuhkan orang sakit, menyampaikan kabar gembira, berdiskusi.

Lantas apa pembelajaran yang bisa kita petik dari bacaan injil pagi ini?


Kita sering kali berada dalam masa-masa sulit seperti saat ini, misalnya pandemic covid yang telah memporak porandakan sistim yang ada. Sungguh  tidak selalu mudah untuk  mengenali tanda tandanya. Apa kehendak Tuhan dibalik semua ini. Apa yang Tuhan katakan kepada kita melalui tanda ini? 


Kita mungkin tidak memiliki jawaban yang mudah untuk pertanyaan-pertanyaan ini, tetapi adalah baik untuk hening sejenak dalam tanya. Satu hal yang dapat kita yakini adalah bahwa Tuhan hadir di saat-saat yang penuh kecemasan ini. Ada banyak cara Ia memberi kesempatan kepada kita membaca tanda tanda kehadirannya.

 

Istirahat sejenak dari aktivitas  mungkin merupakan kesempatan untuk menjadi lebih kontemplatif dalam pengertian itu. Perlu time out sejenak untuk melihat prilaku hidup kita. Apa kita telah ikuti aturan kesehatan dengan baik misalnya.

Ada saatnya bekerja, ada saatnya untuk memulihkan tenaga dan menjaga kesehatan. Tapi jangan lupa jadikan kehadiran Tuhan melalui Sabda-Nya  menjadi kata-kata kehidupan, kata-kata yang memberi kita keberanian dan harapan, kata-kata yang menginspirasi kita untuk menjadi murah hati dan penuh perhatian terhadap orang lain di hari-hari ini seperti ini. Selamat pagi selamat mengikuti perayaan ekaristi. Tuhan memberkati.


Sharing Sr. Antonella Osf

Selamat pagi Romo, tetima kasih atas pencerahan paginya yang bagus....Betul seperti yang Romo katakan agar kita dapat berpikir nalar dan obyektif perlu sekejap menenangkan diri. Memulihkan sel2 yang rusak dan lelah karena terus terfoksir dengan berbagai macam urusan sehingga kadang mrnjadi kurang rasional....Sabda Tuhan hari ini mengajak kita untuk mampu menilai tanda2 jaman....Namun tidak jarang saat ini kota lebih mengandalkan akal budi sehingga hati kurang berperan. Akibatnya tidak jarang hati merasa tertutup, dan tidak peka lagi akan kebaikan atau rahmat Tuhan yang tersedia untuk kita. St. Paulus hari mengajak untuk menjadi orang yang rendah hati, lemah lembut dam sabar. Karena didalam kerendahan hati kita mampu senantiasa bersyukur akan kebaikan Tuhan. Kita menyadari segala yang ada pada kita adalah anugerah cuma2 yang membuat jita tidak sombong tetapi sabar terhadap setiap orang. Semoga rahmat Tuhan senantiasa membantu kita untuk terus dan terus mencoba untuk mewujudkannya..Tuhan memberkati...


www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com