Rabu, 23 September 2020

Rabu.23.9.20 Inspirasi pagi "take nothing....

Rabu.23.9.20 Inspirasi pagi. PW. Padre Pio

Luk 9:1-6 “Take nothing for the journey”

Ketika Yesus mengutus para murid-muridnya ke desa desa untuk misi Kerajaan Allah, Ia  berpesan:  “Jangan bawa apa-apa untuk perjalanan ini: baik tongkat, atau tas ransel, atau roti, atau uang; dan jangan biarkan ada di antara kalian yang bawa cadangan baju. Apapun kondisi rumah yang anda masuki, tinggallah di sana; Adapun bagi mereka yang tidak menyambut anda, ketika anda meninggalkan kotanya kebaskan  debu dari kaki anda sebagai tanda bagi mereka”. 


Untuk saat ini saya tidak bisa membayangkan orang pergi tanpa persiapan apapun, minimal ada android di tangan bukan?


Luar biasa, Yesus meminta murid-muridnya  untuk melepaskan banyak hal dari apa yang kebanyakan orang andalkan saat ini. Murid murid diminta  harus melepaskan sesuatu selama masa penugasan. 


Yesus ingin agar para murid tidak semata mata mengandalkan kekuatan sendiri, sebaliknya mereka harus bergantung pada keramah-tamahan orang-orang yang mereka datangi.  Itulah passion yang harus ada pada murid; ada kekuatan lain yang harus diperhitungkan. Seperti yang diingatkan Santo Paulus dalam salah satu suratnya, “kuasa Tuhan dapat disempurnakan dalam kelemahan”.

Apa yang bisa diambil dari sabda Tuhan yang singkat namun padat makna ini?


Saya teringat akan credo para relawan, fasilitator yang pergi ke komunitas dampingan untuk membawa misi pemberdayaan; 


“Pergilah ke tengah masyarakat; Tinggallah di tengah mereka; Belajarlah dari mereka

Buatlah perencanaan bersama mereka; Bekerjalah bersama mereka


Mulailah dari apa yang mereka tahu;  Membangunlah berdasarkan apa yang mereka punya

Mengajarlah dengan memberi contoh, belajarlah dengan melakukan.


Bukan membuat etalase tapi memberi pola

Bukan memberi barang, sumbangan, sembakao  melainkan sebuah sistem

Bukan pendekatan sepotong-sepotong melainkan pendekatan integratif

Bukan untuk menyesuaikan melainkan untuk membaharui

Bukan memberi bantuan tetapi membawa pembebasan.


Selamat pagi sahabat, saudari saudaraku. Setiap pekerjaan yang dilakukan dengan panggilan hati (passion) akan mendatangkan kegembiraan hati. Masing masing dari kita memiliki banyak hal untuk diberikan, dan banyak hal juga untuk diterima. Kita hanyalah alat di tangan Tuhan. (St. Padre Pio), Kita sangat tergantung dari perjalanan iman bersama, doa bersama. Tetap saling mendoakan dan memberi semangat dalam situasi sulit ini. Tuhan memberkati.



www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com