Selasa, 12 April 2016

OPTIMISME ATAU KODALISME : MEKAR APRIL 2016

Kodalisme. Kata dasar dari kodal. Sebuah bahasa umpatan dari daerah Kualan bagi orang-orang yang ngeyel, bandel, tidak mau ambil pusing. Umpamanya semangat kodal itu seperti ini : tahu dan yakin bahwa kegiatan ini sangat berguna untuk diri mereka sendiri, membantu ketrampilan mereka (misalnya okulasi), tapi tidak serius, masih curiga hanya menguntungkan orang lain. Untuk apa jadi orang terampil terampil amat. Untuk apa di pindah ke ladang bibit unggulnya. Yang pentingkan sudah bisa. Nah...seperti itu semangat kodalisme.
Mekar edisi April kali ini mengangkat semangat kodalisme ini, karena masih terdapat beberapa anggota KSM yang menganut paham ini. Yang diangkat lebih pada refleksi dan mengingat kembali pada motivasi awal, kenapa semua kegiatan pemberdayaan ini bisa berlangsung selama kurang lebih 4 tahun. Semoga dengan ini, semangat kodalisme tersebut menjadi berkurang dan bertransformasi menjadi semangat optimisme untuk meningkatkan taraf hidup para anggota.
Anda dapat membaca edisi Mekar April 2016 di KSM binaan CKK, atau anda dapat mengunduhnya di sini
 
www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com