PSE-Caritas Ketapang

Website Resmi PSE-Caritas Keuskupan Ketapang

VIDEOS


Stum Ebun Yang Siap Akan Ditanam April Nanti

Pada saat kunjungan staf Karina Lora Egaratri bulan Januari lalu, Emilianus Ebun telah berjanji  bahwa “dia harus sudah menanam 664 karet unggul klon PB 260 nya di lahan paling lambat Juni nanti.” Ebun demikian panggilan karibnya menambahkan “cita-citanya adalah lewat karet unggulnya kelak bisa mengatasi kemiskinan keluarga dan akan selalu memanfaatkan lahan kosong untuk ditanami serta dengan karet unggul pula ia bisa membuktikan kepada teman lingkungannya bahwa karet unggul lebih baik produksi lateksnya dibandingkan karet alam.” Total batang bawah yang dimilikinya berjumlah 2.530, diantaranya masih ada 1.525 batang bawah layak okulasi namun belum diokulasi.  Bulan Febuari lalu, Ebun sudah memiliki 346 stum di lahannya. Maret ini rencananya akan menambah 92 stum lagi, jadi total stum yang tertanam menjadi 436, tinggal sisa 228 stum lagi untuk memenuhi target 664 stum. Bulan Juni nanti  capaian Ebun sudah mencapai 65,5%.


Rapat Koordinasi Persiapan Royong Okulasi Ebun (14/3) 

Untuk mencapai targetnya, Ebun sudah berhasil dapat 670 stum dari hasil mengokulasi 976 batang bawah dengan cara royong 7 orang dan meminta bantuan 2 fasilitator di bulan Maret. Ebun yang juga menjabat bendahara KSM ini memanfaatkan kesempatan kunjungan pendampingan 2 fasilitator  (14/3) dan 5 anggota royongnya (Cintult, Emin, Anyan, Kobun, Margono, Mungkin) untuk mengokulasi.  Ebun mengatakan dengan yakin  kepada fasilitator “bantuan Adi dan Budin akan memberi semangat kepada kami, dan mereka 5 orang adalah cukup terampil menurut saya, tambah lagi cuaca sore yang mendukung pasti banyak berhasil okulasinya.”


Royong Okulasi Batang Bawah di Lahan Ebun
Bapak 2 putri 1 putra ini kerapkali dipanggil belengkek oleh teman-temannya, dalam kegiatan KSM ia sangat aktif dan selalu mendorong teman-temannya agar tetap berusaha dan jangan mudah putus asa, karena “tawaran dan cara baru memang sulit tapi kalau kita yakin dan berdasarkan pengalaman justru itu adalah jalan serta alat untuk bisa mengubah hidup kita lebih baik nanti, percayalah!!! Ungkapnya di sela diskusi rapat bulanan. Febuari 2015, ia pernah menderita sakit ginjal kronis, sudah operasi dan tranfusi darah di rumah sakit Yos Sudarso Pontianak, dan dokter yang merawat sempat mengatakan kepadanya “ bahwa dia tipis harapan untuk pulih kembali.” Namun, berkat berserah penuh dan yakin akan mujizat kesembuhan dari Tuhan, pada bulan April ia telah sehat seperti sediakala. “Walau pun demikian si belengkek ini telah menjadi sosok motivator bagi anggota KSM lainnya dengan berkomitmen tinggi berkegiatan KSM dan selalu menjaga stamina/kesehatannya dengan hati-hati,” kata adi di forum rapat refleksi pasca pendampingan Maret (4/4).  Di sela istirahat okulasi, Ebun mengatakan didepan teman-temannya bahwa “ Ia akan mengalahkan target Cintult bulan April nanti dengan mengandalkan 670 stum dan akan mengokulasi lagi.” ADI






| Blogger Templates - Designed by Colorlib