Jumat, 04 Maret 2016

Udeng: Pestisida Alami Mengusir Hama Kutu Daun

Caritas Keuskupan Ketapang, (27/2) ketika SPA dikunjungi oleh koordinator lapangan Aloysius Rachmad  Udeng di pekarangannya sedang menuangkan cairan pestisida alami buatannya sendiri ke dalam botol, setelah penuh dipercikan ke tanaman kacang panjang buat mengusir kutu daun yang meraja lela, makan daun akar dan buahnya, kata Udeng. Peptisida itu, racun alami dari akar tuba yang banyak dijumpai di hutan.

Petrus Apin yang menemani koordinator berkunjung menanyakannya apa bahan yang digunakan? Udeng mengatakan, "saya belajar dari Budin agar memanfaatkan bahan yang ada di sekitar kami, ada 5 jenis bahan masing-masing disiapkan secukupnya saja, antara lain akar tuba, daun nangka, lengkuas, serai, dan daun ketepeng." 

Udeng menjelaskan lagi cara mengolahnya, "semua bahan ditumbuk, campur air, kemudian masukan ke karung untuk diperas. Hasil perasan dimasukan ke dirigen, dan siap pakai, begitu."

Lebih Lanjut, dia mengambil botol aqua sedang yang tutupnya diberi beberapa lobang kecil agar bisa dipercikan ke tanaman, dan memperagakannya setelah diisi. Kata Udeng lagi, "saya memercikan daun dan buah kacang panjang setiap pagi dan sore."

Sementara ini, hasil pekarangannya masih untuk konsumsi keluarga saja, namun bulan Maret kedepan udeng bertekad " Saya akan mengajak anak dan istri untuk menambah beberapa karung untuk tanaman portable, nanti akan ditanami jenis tanaman lain selain kacang panjang, moga hasilnya bisa dijual seperti pak Mungkin, lumayan menambah penghasilan," ujarnya dengan semangat. Papin
www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com