Sabtu, 13 Februari 2016

Kemandirian KSM UK

Sejak tahun 2012 KSM UK berdiri dan diakui oleh masyarakat dan pemerintahan lokal karena mampu menerapkan siklus menejemen program untuk mengembangkan kehidupan masyarakat Kontok mulai dari perencanaan partisipatif implementasi dan monev. KSM UK juga menjalankan menejemen dan kepemimpinan KSM yang efektif dan transparan sehingga mampu berjejaring dengan pihak luar. Kini, KSM UK menerima manfaat lagi dari program CMLP II mulai 1 Juli 2014 - 30 Juni 2016. Sampai memasuki semester 3 tahun kedua, KSM UK sudah menjalani proses penguatan kelompok yang mandiri dengan ditargetkan dalam program pendampingan adalah 80% melaksanakan rencana kerja tahunan dan diikuti proses evaluasi dan perencanaan RKT berikutnya, memiliki pembukuan, pendokumentasian, dan pengarsipan yang secara rutin diperbaharui, memproleh pendampingan penulisan proposal partisipatif diharapkan mampu mengakses dukungan pengembangan kelompok dari pihak luar termasuk terlibat dalam musrenbangdes.

Pengembangan kelompok KSM UK (September, 2014) memproleh dukungan Seedfund 17.197.500 dari Caritas untuk pemeliharaan tanaman karet dan tanaman muda dengan pengadaan perlengkapan okulasi, pengadaan pupuk, saprodi, dan bibit sayur. Dana ini dimanfaatkan dengan baik dan terserap oleh 26 anggota (sumber laporan seed fund ksm uk per Maret 2015). Pada Oktober 2014, proposal KSM UK dikabulkan oleh Dinas Kesejahteraan Rakyat  untuk membangun pagar Kebun entres seluas 5.293 m2 dengan kawat berduri dan tiang belian bernilai 10 juta rupiah. Namun untuk permohonan bantuan pengadaan 13.000 bibit stum karet unggul jenis klon PB 260 kepada Dinas Perkebunan sampai sekarang belum mendapat jawaban. KSM UK bersama masyarakat telah mengelola dana bantuan Alokasi Dana Desa untuk pembangunan jalan rabat beton menuju kontok dengan volume  1,5 meter x 80 meter (November, 2015).

Memproleh dukungan untuk pengembangan organisasi, tidak hanya dilakukan dengan dinas-dinas di pemerintah daerah Kabupaten, tetapi juga KSM memanfaatkan program pemberdayaan masyarakat yang ada di pemerintahan desa Kualan Hulu. Pada tanggal 1-2 Desember 2015, Kepala Urusan Kesejahteraan Rakyat Desa Kualan Hulu (Kaur KesRa) telah menginisiasi para pengepul karet lokal dan beberapa kelompok tani termasuk KSM UK dan KJK didalamnya menjalin kerjasama perbaikan mutu karet dan pendampingan budidaya karet unggul dengan pabrik karet PT.Kirana Prima. PemDes melibatkan pengurus KSM UK & KJK bersama jajarannya merumuskan rencana pembangunan desa untuk jangka pendek-menengah-dan jangka panjang (27/01/16). Kesempatan ini dimanfaatkan oleh KSM UK mau mengusulkan bantuan untuk pembangunan infastruktur; menambah jalan rabat beton dengan dana ADD bervolume 1,5 meter x 600 meter, lewat musyawarah pembangunan tingkat kecamatan (musrenbangcam) KSM bersama PemDes akan mengusulkan dan mengawal 3 prioritas usulan; rencana penuntasan jalan rabat beton botong-kontok bervolume 1,5x4.830 (meter), permohonan bantuan percetakan lahan sawah baru di kontok dengan hamparan seluas 3 ha,  dan bantuan percetakan lahan serta pengadaan bibit karet unggul hasil okulasi untuk masyarakat (sumber dok.musrenbangdesrkp desa kualan hulu th.anggaran 2015, < Jan,27,2016>).


KSM UK juga sudah memiliki dana operasional sendiri dan rutin setiap bulannya mendapatkan pemasukan dari 3 sumber pendapatan yaitu;  hasil penjualan kakao & sayur kelompok, iuran kas, iuran berobat. Kegiatan rutin lainnya, setiap bulan anggota bekerja bakti di kebun entres mereka dan melakukan rapat bulanan.  Berdasarkan dokumen Rencana Kerja 5 Bulanan, di awal Febuari, pengurus dan anggota akan rapat meninjau ulang posisi sekretaris agar kedepannya lebih berfungsi dengan baik menjalankan tugas dan tanggungjawabnya dalam kegiatan KSM. 5 bulan kedepan, sisa waktu pendampingan program CMLP II oleh Caritas, secara organisasi KSM akan menyusun 3 proposal yang akan dikirim ke Dinas perkebunan untuk permohonan bantuan pupuk dan herbisida, dan ke Dinas Pertanian dan Peternakan untuk permohonan bantuan bibit sayur, dan ketiga ke Dinas pertambangan dan energi untuk permohonan bantuan penerangan tenaga surya. (ADI)
www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com