Rabu, 09 Desember 2015

Semangat Gotong Royong Membuahkan Dukungan




Bukan KSM Uncak Kontok namanya kalau setiap ada kunjungan Karina Dan CKK selalu hadir kompak. Bagi yang berpasangan seringkali suami dan istri selalu hadir, berceloteh dan bersendau gurau dengan sesama teman, suasana gembira dan saling  menyemangati sangat terasa dan tampak jelas pada saat bekerja mau pun santai serta  rapat-rapat bulanan. Suasana ini sebenarnya sudah mereka  lakukan jauh sebelumnnya saat odi (gotong-royong) pada serangkaian kegiatan berladang, yang dimulai dari aktivitas mempersiapkan lahan, penanaman, pemeliharaan, dan panen padi. Pada awalnya mengalami kesulitan dalam melakukan transformasi dan replikasi prinsip dan nilai pada kegiatan 'odi' sebagai salah satu adopsi dari kearifan lokal ke dalam kegiatan KSM, karena pada kegiatan KSM tidak memperbolehkan tradisi yang merusak kesehatan dan menimbulkan ekonomi biaya tinggi bagi masyarakat, seperti kebiasaan minum-minuman beralkohol seusai kegiatan odi. Pelan namun pasti serta dengan pendekatan komunikasi adat, sang ketua KSM berhasil meyakinkan seluruh anggotanya bahwa odi tidak harus berbiaya mahal seperti harus menyiapkan konsumsi, alkohol dan makanan yang berdaging. Lewat KSM ini Cintul mengatakan “ kita sudah banyak memproleh informasi dan pengetahuan baru tentang penghidupan, sudah saatnya kita berusaha belajar menerima hal yang baru yang positif dan tidak menyesatkan kita” (bahasa lokalnya; yang jakat prantik yang bagas tiak dop ba jenyalan dop).

Odi KSM pun dimulai sejak pasca kunjungan ke Sei Bansi “Pendampingan Extra” yang difasilitasi oleh Petrus Apin dari Caritas Keuskupan Ketapang. Ternyata ada manfaatnya juga, pulang dari KSM Pateh Banggi dalam kegiatan pendampingan extra bulan April lalu kata ketua ketika diwawancarai, beliau menyambung cerita, ± 2 minggu kemudian, pengurus melakukan rapat bulanan untuk refleksi dan membuat rencana aksi. Rapat KSM UK membuahkan hasil, rencana kerja dan target untuk karet dan tanaman muda sejak itu dilakukan dengan cara odi sub kelompok. Odi sub kelompok sangat efektif karena bagi anggota yang berdekatan kediamannya bisa saling berbagi dan bekerja bersama, dan fasilitator pun terbantu ringan mendampingi. Jadwal kunjungan fasilitator di susun mingguan berdasarkan kebutuhan anggota sub kelompok. Sekarang KSM UK terbagi ada 3 sub kelompok yang sudah terbentuk dan berjalan aktif, demikian Cintult mengakhir penjelasannya.


Tidak sia-sia upaya odi karet unggul dan tanaman muda di KSM UK, sudah banyak anggota merasa terbantu target okulasinya dan penanaman batang bawahnya. Pengurus KSM UK sering berkomunikasi, berkoordinaso dan berkonsultasi dengan pemerintah desa Kualan Hulu tentang perkembangan kegiatan dan program KSM. Melihat dan mendengar perkembangan itu, Kepala Desa Kualan Hulu sangat mendukung program KSM ini dan diharapkan menginspirasi masyarakat lainnya untuk bertanam karet unggul. Sebagai orang nomor 1 di pemerintahan Desa Kualan Hulu, pak Sedan di depan forum salah satu momen rapat dengan jajaran perangkat desanya, beliau pernah menyampaikan bahwa program peningkatan pendapatan lewat karet ini bisa menjadi model pendekatan menguatkan masyarakat agar tidak mudah terbujuk rayu mau menjual tembawangnya kepada calon pemegang konsesi perkebunan sawit. Tidak tanggung-tanggung, melalui Anggaran Dana Desa, beliau mengalokasikan biaya pertemuan khusus masyarakat penoreh dan pengepul karet untuk menerima motivasi dan pandangan langsung dari Pabrik Karet Tayan. Pihak desa sudah mensosialisasikan program ini ke masyarakat dan mengedarkan undangan kepada KSM dan masyarakat, pihak pabrik langsung, dan lembaga mitra pemberdayaan masyarakat yaitu Caritas Keuskupan Ketapang dan LinKar Borneo. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 1-2 Desember 2015 ini. Ada juga dukungan lain selain dari Desa, bebera utusan dari KSM UK dan KSM KJK dan kelompok masyarakat lainnya mengikuti pelatihan peningkatan kapasitas berbudidaya tanaman muda dari LinKar Borneo di Kabupaten Kubu Raya (28-30/11).(PAPIN).
www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com