Rabu, 22 Juli 2015

INTERVENSI PROGRAM DA DI TANJUNG BEULANG MEMBERI MANFAAT

Tanaman Serai

Intervensi program DA dan pendampingan Caritas Keuskupan Ketapang sudah dirasakan manfaatnya oleh kelompok ibu dan bapak di tanjung Beulang. Manfaat yang dirasakan adalah sayuran sudah terawat dengan baik berkat ketrampilan berbudidaya tanaman muda yang diproleh, praktek tanaman mudah dan tidak harus di ladang, bibit rempah lokal seperti kunyit, jahe, serai, dan tanaman jagung, sawi lokal (sensabi), terong, kacang tanah, gambas dan lain sebagainya tidak tersimpan terlalu lama sebagai benih. Melakukan budidaya tanaman muda ini bisa di sekitar pekarangan rumah atau buat kebun sendiri yang tidak jauh dari rumah tetapi harus dipagar supaya aman dari gangguan ternak.


Tanaman Timun Lokal
Kelompok bapak-bapak juga aktif melakukan budidaya ini, ada yang sudah menanam dikebun sendiri, dan sudah mampu menjual hasil tenaman sendiri, contohnya keluarga pak Bito, yang sebelumnya sempat berpendapat kalau tanaman ditanam diluar musim tidak akan menghasilkan dengan baik. Sekarang menjadi sebaliknya, berkat rasa penasaran dan perlu bukti yang kuat pak Bito dan istri sudah mencoba penanaman sayur sendiri dan didampingi fasilitator ternyata membuahkan hasil yang cukup memuaskan. Beberapa bulan terakhir ini keluarga mantan alias “Thomas” ini sudah berapa kali menjual hasil panennya? Apalagi peluang yang ada adalah saat ini orang-orang yang ada dikampung lebih suka membeli sayuran hasil tanaman dari kampungnya sendiri dibandingkan dengan pedagang keliling dari luar kampung. Faktor penyebabnya antara lain berorganik, hasil tanaman bagus dan lebih terjangkau harganya. (Marsel)
www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com