Selasa, 21 Juli 2015

B.Pinarko, Pengalaman Pendampingan Anggota CU

Kabag Kredit Credit Union Semandang Jaya (B.Pinarko)

Ketika sharing PERT bersama Caritas Keuskupan Ketapang 13/7, Kepala Bagian Kredit Credit Union Semandang Jaya (B.Pinarko) membagikan pengalamannya soal pola pikir anggota CU/masyarakat. Beliau membagikan pengalaman pribadinya, saya punya rasa kepedulian sosial terhadap masyarakat sekitar tetangga saya mengeluh dengan pendapatan menurun karena harga karet anjlok, muncul ide saya mengajak mereka menanam sayur yang mempunyai nilai jual. Awalnya mengajak 15 orang, dalam waktu seminggu berkurang tinggal 6 terakhir sisa 2 orang masih berkomitmen. Alasan anggota mundur dari komitmen tadi karena tidak terbiasa dengan sebuah proses. Kebiasaan praktis membuat mindset mereka terpatri. Padahal analisis peluang usaha sayur 1 ton tidak cukup untuk kebutuhan level kecamatan Simpang Hulu. Pengalaman pendampingan PERT bagi anggota CU; alasan tidak bisa menulis karena tidak tahu apa yang mau ditulis. Alasan umum : repot, hal kecil kok dicatat, apa sih yang mau di catat. Keinginan mereka konsep cuma satu, konsep mereka dapat uang dulu baru dicatat, karena keterbatasan cara mereka berpikir. Roadmap yang pernah dilatih CU belum memberi dampak perubahan prilaku ke arah yang lebih baik di level anggota/masyarakat.

KabagDit ini juga menyatakan sebagian anggota/masyarakat mudah terprofokasi oleh oranglain, apalagi saat sekarang lagi trendnya jual lahan dan budidaya tanam sawit. Cara cara instan ini semakin memperkuat budaya mindset tadi mengalahkan intervensi program kita kepada masyarakat. Namun ada temuan saya dan teman-teman CU sebuah pengalaman menarik yaitu anehnya anggota/masyarakat mau melakukan kewajiban kepada oranglain dan lebih bertanggungjawab lagi dibandingkan melakukan kewajiban untuk diri sendiri. Contoh simpanan wajib di CU susah dilakukan daripada bayar kewajiban kredit ke dealer, satu lagi mereka mau menabung kalau sedang dalam pengembalian pinjaman di CU jadi kesannya seperti harus dipaksa kali ya biar ada motivasi. Ini masih phenomenal.(Adi)


www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com