Rabu, 22 Juli 2015

80% Rencana Kerja Tahunan KSM Terlaksana

KSM Uncak Kontok
KSM Kak Jaka

Hasil evaluasi rencana kerja tahunan KSM dampingan Caritas menyatakan tingkat pelaksanaan RKT KSM Uncak Kontok dan Kak Jaka adalah 80% terlaksana. Sebaliknya periode RKT Agustus 2014 s/d Juli 2015 20%nya lagi tidak terlaksana diantaranya karena gagal mendatangkan tenaga penyuluhan peternakan dari Badan Penyuluhan Pertanian kecamatan karena pengurus KSM tidak mengkonfirmasi ulang dengan pihak terkait setelah gagal buat janji pertama, tidak jadi memotivasi masyarakat lain/non KSM membuat SKT lahan kebun karet karena anggota KSM sendiri merasa tidak enak hati kepada masyarakat bahwa belum selesai memproses persyaratan penerbitan SKT ke pemerintah desa. Pengurus juga tidak berhasil mencari dana pelatihan untuk penyegaran pengurus dan anggota.


Walaupun dua KSM di atas 80% RKTnya terlaksana, namun ada mengalami masalah dan tantangan ketika implementasi. Faktor pendukung yang menyebabkan hasil pelaksanaan RKT tidak maksimal adalah lagi lagi karena harus beradaptasi dengan kalender musim. Musim kerja berladang akan semakin menyita waktu anggota tidak bisa berkegiatan KSM, sikap putus asa melakukan budidaya karet unggul karena gangguan ternak sapi pada tanaman stum di lahan, dampak harga karet anjlok. Dan yang mengejutkan fasilitator adalah munculnya ungkapan anggota merasa agak malu meminta pendampingan secara pribadi kepada fasilitator karena takut tidak mampu menghidangkan konsumsi saat penemanan padahal hal tersebut masalah sepele dan fasilitator sudah dibiayai dari lembaga, fasilitator Adi menjelaskan.(Aly)
www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com