Jumat, 12 Juni 2015

FORUM DISKUSI MULTI PIHAK MENDUKUNG MASYARAKAT ADAT


 Sabtu 11/04/2015 telah terjadi pertemuan forum multipihak mendukung gerakan masyarakat adat Komunitas Kayu Bunga dengan tema konservasi dan penguatan posisi masyarakat adat. Pertemuan bertempat di Tembawang Sei Kapat milik Kepala Adat Kayu Bunga (Kayus Jenu) ini, dihadiri oleh warga adat sekitar dan tetangga  juga hadir diundang oleh panitya kegiatan yaitu 4 lembaga pemberdayaan masyarakat. Mereka adalah Donatus Rantan seorang Deputy Regional Manager Usaid Ifacs Landscape Kalimantan Barat yang mendukung tata kelola hutan dan perubahan iklim Indonesia, Direktur Caritas Keuskupan Ketapang (pastor Made Ignasius Sukartia,Pr) mendukung masyarakat mempersiapkan diri resilien terhadap kebencanaan melalui pendekatan Promosi Livelihood yang dikelola oleh masyarakat, Asriadi Alexander Mering seorang penulis dan seorang program manager Kemitraan Indonesia untuk mendukung pemberdayaan masyarakat yang terinklusi, dan sukses memposisioning dan membranding komunitas kecil masyarakat adat lewat beberapa pemuda Loncek lebih eksis keberadaanya, dan perwakilan dari badan pelaksana harian Aliansi Masyarakat Adat Nusantara Kalimantan Barat (Agapitus Aga) dan Petrus Apin dari AMAN Ketapang Utara. Masyarakat yang hadir memproleh sejumlah masukan dan pembelajaran penting untuk melakukan konservasi dan memperkuat posisi masyarakat adat dari para Narasumber di atas, diskusi dan sharing berjalan lancar berkat pemandu oleh Paulus Unjing dari Narmac Institute.

Selesai diskusi dan sharing, kegiatan diakhiri dengan ritual serah terima peta wilayah adat Komunitas Kayu Bunga dari AMAN KalBar kepada perwakilan tokoh adat (Timotius Telon). Peta adat ini berisi sejumlah informasi kekayaan alam bersama dan secara kolektif dilindungi untuk keberlanjutan sumber penghasilan alternatif bagi masyarakat adat. Rencana warga adat Komunitas Kayu Bunga selanjutnya oleh kepala adat dan kepala dusun akan mengajak masyarakat menyusun kesepakatan konservasi bersama di bulan berikutnya.
www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com