Senin, 15 September 2014

Pemetaan lahan kebun komunitas Giet dan Sie Bansi


Caritas Ketapang-news. Komunitas dampingan CKK, yaitu Siling Pancor Aji Giet,dan Pateh Bangi Sie Bansi mendapat tamu kehormatan dari Dinas Perkebunan Ketapang untuk mengawali kegiatan  pemetaan dengan alat GPS, di wilayah perkebunan warga, Dusun Giet dan Sie Bansi, Desa Merawa, Selasa 9/8/2014.

“Kedatangan saya ke sini atas undangan kelompok Giet dan Sie Bansi  melalui Ibu Nelly”, ungkap Bapak Jasiman dari Dinas Perkebunan Propinsi. Lebih lanjut dia menjelaskan “Mentracking titik-titik diagonal dengan alat GPS, alat tracker ini atau global positioning system ini, adalah sketsa awal yang akan menjadi dasar pemetaan lahan perkebunan warga”, Jadi bapak-bapak harus ikut, karena bapak-bapak yang tahu, Ia mengajak warga berjalan keliling tanah warga.
"Syarat utama penerimaan  program bantuan karet unggul Dinas Perkebunan adalah  masyarakat penerima manfaat harus memiliki peta wilayah usaha", jelas Nelly, PPL dinas perkebunan.

Pemetaan wilayah  warga dampingan di 4 dusun dalam hal berkebun karet unggul memang menjadi program Caritas Ketapang melalui CMLP fase dua, ungkap Aloysius yang ikut hadir mendampingi  dinas perkebunan. Lebih jauh ia menambahkan, inilah buah-buah pendampingan kelompok, mereka belajar menjemput bola, tidak menunggu bantuan tiba.

Kami memang berlatih untuk trampil  okulasi bibit unggul, namun hingga kini baru mencapai 10 % saja untuk bibit, oleh karna itu tawaran dari dinas untuk tanaman karet unggul harus dijemput dan tidak boleh disia-siakan, ujar Mungkin ketua Kelompok Siling Pancur aji dengan semangat.

“Kini kami sudah siap membersihkan lahan untuk peng-ajiran” sahut pak Sojung ketika ditanya apa anda yakin dengan tanaman karet unggul ini di Sie Bansi.

Pokoknya kita harus bangkit kompak lagi, ajak  dia. Kita harus siap-siap lagi untuk berkegiatan dalam kelompok, ketika dijumpai di sela-sela mengambil kantong polibek ke Balai Berkuak milik Kelompok Pateh Bangi untuk sesegera mungkin diisi tanah, agar ketika stum sudah tiba mediatanah dalam polibekpun siap.

Pemetaan lahan yang kemudian akan diteruskan dengan pembuatan SKT (surat keterangan tanah) sebagai langkah advokasi untuk membentengi petani karet dari ancaman pengambilan tanah besar-besaran dari pemodal, menjadi salah satu missi dari Caritas Keuskupan Ketapang. Metoda pengorganisasian komunitas untuk tetap menjadikan mereka aktip berpartisipasi melindungi kebun livelihood mereka, sejalan dengan rencana  Dinas perkebunan pemerintah daerah Ketapang, memperkenalkan jenis penanaman karet unggul bagi masyarakat petani karet.(Al)


www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com