Selasa, 26 Agustus 2014

100 ibu-ibu Desa Sepotong dan Kepari mengikuti pelatihan pertanian tumpang sari

Caritas Ketapang- 100 ibu-ibu dari desa Sepotong dan Kepari mengikuti  praktek menanam yang baik,  yang diselenggarakan oleh Caritas Keuskupan Ketapang bekerja sama dengan Usaid Ifacs, 14/8/2014. Pelatihan ini diadakan untuk meningkatkan ketrampilan para ibu-ibu Sepotong dan Kepari dalam bertani yang baik, dan memotivasi mereka untuk dapat memanfaatkan tanah untuk tanam tumpang sari diantara kebun karet mereka, kata Hendrikus, fasilitator Caritas Keuskupan Ketapang membuka kegiatan ini.

“Bagi kami ini kegiatan yang tidak lazim”, sambut ibu Nova dari Sepotong. Apa lagi kami ditest diawal pertemuan, sungguh membuat kami malu-malu untuk menjawab, apa lagi menulis ke depan, imbuhnya dengan penuh semangat.

Pelatihan budidaya tanaman tumpang sari seru dan  menarik perhatian banyak ibu-ibu,  kegiatan ini  belum pernah diselenggarakan di kampung ini, yang kedua karena kami dipaksa untuk belajar mencoba menanam sayur sendiri, tidak hanya beli, dan tergantung dari hutan, ibu Herni mengutarakan anthusiasmenya dalam sambutan pembuka acara kegiatan ini.

“Betul sekali”, tambah ibu Wati, selama ini kami membeli sayuran dengan penjual sayur dari Laur. Hutan juga menyediakan banyak sayur bagi kami, imbuh Ibu Nova.

Para ibu yang sebelumnya menerima pelatihan kepemimpinan organisasi, telah membentuk kelompok-kelompok, dan sepakat untuk menjadikan kelompok tempat untuk berbagi kerja dan melakukan kegiatan bersama seperti praktek pertanian tumpang sari.

Rencananya tgl.26-27/8  mereka juga akan mengikuti pelatihan okonomi rumah tangga, dengan harapan agar para ibu di pedalaman trampil dalam pengaturan finansial (finansial literacy). Marsellus



www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com