Kamis, 24 Juli 2014

Start-up Meeting CMLP tahap 2



Caritas Ketapang. Start up meeting untuk CMLP tahap dua, telah dibuka oleh Rm.Adrianus Suyadi SJ, selaku direktur Karina, 17 Juli 2014 di Kantor cabang Caritas Balai Berkuak, Ketapang Kalimantan Barat dengan anthusias.

Caritas Austria selaku mitra  Karina telah menyetujui untuk melanjutkan kerjasama tahap kedua bidang pemberdayaan communitas dengan metoda community managed dengan perubahan strategy yang  fokus pada livelihood karet, ucap beliau mengawali perjumpaan dengan staff caritas Keuskupan Ketapang.

Strategy ini tentu berdampak pada terjadinya perubahan anggaran pada poin-poin tertentu pada budget yang telah dirancang menjelang closing CMLP tahap pertama April tahun 2014, namun perubahan tersebut tidak mengurangi pemantapan kegiatan program secara signifikan, tambah Lora, staff progam CMLP Karina yang juga hadir saat itu.

Penguatan pada  kemampuan masyarakat dampingan untuk semakin melindungi tanahnya dari kecendrungan melepaskannya  untuk kepentingan perkebunan sekala besar, menjadi misi utama pendampingan Caritas Keuskupan Ketapang, sehingga sertifikasi kepemilikan tanah secara legal menjadi program yang sangat strategis. Tentu saja ini langkah besar dengan biaya yang besar, papar Aloysius Rahmad, koordinator lapngan progam CMLP.

Gagasan untuk lebih bergerak pada  profilling persoalan kepemilikan tanah, dengan pemetaan yang terukur dan terekam jelas, perlindungan pada area-area milik petani kecil, mungkin langkah-langkah yang perlu diprioritaskan terlebih dulu, dan ini bukan perkara yang mudah, pesan yang sangat jelas disampaikan oleh Sivia, Caritas Austria, tutur Lora mengkompilasi hasil kesepakatan CMLP tahap 2 dengan Karina untuk Caritas Ketapang.

Community managed livelihood promotion, lebih dikenal CMLP, dan fasih dilafalkan oleh komunitas dampingan yang rata-rata tidak tamat SD, adalah model pemberdayaan partisipatif yang berbasis pada proses,  dari dan untuk komunitas, start from what they have, release but not relief, telah berlansung sejak April 2012. Namun pada tahap kedua ini, kita harus lebih keras lagi hadir ditengah mereka untuk menemani komunitas meneruskan prosesnya tapi juga menikmati hasilnya. Sudah saatnya kita memperkenalkan pelayanan yang bersumber pada hasil setelah melalui proses CMLP tahap pertama. (Md.)


www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com